5 Kampung Batik yang Tersohor di Indonesia

Kemenparekraf | CNN Indonesia
Jumat, 02 Okt 2020 19:16 WIB
Berikut 5 kampung batik di Indonesia yang terkenal dan bisa jadi inspirasi liburan pasca pandemi nanti. Berikut 5 kampung batik di Indonesia yang terkenal dan bisa jadi inspirasi liburan pasca pandemi nanti. (Foto: iStockphoto/apartura)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Pada tanggal ini, batik resmi diakui sebagai warisan dunia nonbendawi (Intangible Cultural Heritage/ICH) oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Sebagai warisan budaya asli Indonesia, masyarakat juga diingatkan untuk selalu menunjukkan kebanggaan dan kecintaan terhadap batik. Agar lebih menyelami budaya lokal ini, wisatawan bisa menjajal wisata edukasi batik.

Di kampung batik, pengunjung bisa melihat dari dekat proses pembuatan mahakarya batik, bahkan berkesempatan untuk belajar membatik langsung dari pengrajinnya.


Namun jangan lupakan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Berikut 5 kampung batik di Indonesia yang terkenal dan bisa jadi inspirasi liburan pasca pandemi nanti.

1. Sentra Batik Tulis Giriloyo, Yogyakarta

Kemenpar (iklan)Foto: Dok. Kemenpar
Kemenpar (iklan)

Sentra Batik Tulis Giriloyo adalah pusat batik tulis khas keraton terbesar di Yogyakarta. Hampir 90 persen penduduk di sini adalah pengrajin batik.

Menariknya, karena letak kampung batik ini berada di bawah kaki perbukitan Imogiri, suasana di dusun ini masih sangat asri dan tenang. Pengunjung dijamin bakal merasakan pengalaman belajar membatik yang berbeda dengan kampung-kampung batik lainnya.


2. Kampung Batik Laweyan, Solo

Kemenpar (iklan)Foto: Dok. Kemenpar
Kemenpar (iklan)

Kampung Batik Laweyan adalah kampung batik legendaris di Kota Solo yang ada sejak sejak 500 tahun lalu.

Sejak abad ke-19, kampung batik yang luasnya 24,83 hektare ini sudah menjadi ikon dari batik Solo yang terkenal. Tak tanggung-tanggung, saat ini, sudah ada sekitar 250 motif batik yang telah dipatenkan sebagai khas dari Kampung Batik Laweyan.

Selain mengagumi batik Solo, wisatawan juga bisa daftar paket wisata lokakarya membatik di sini. Yang tak kalah menarik, Kampung Batik Laweyan juga menyajikan berbagai bangunan bergaya arsitektur Jawa, Eropa, Tionghoa, dan Islam yang bisa jadi spot foto keren.

3. Kampung Batik Kauman, Pekalongan

Kemenpar (iklan)Foto: Dok. Kemenpar
Kemenpar (iklan)

Masih di Jawa Tengah, Kampung Batik Kauman yang berada di Pekalongan ini terkenal karena berbagai macam motif batik dari teknik membatik tulis, cap, maupun kombinasi keduanya.

Kampung ini tak hanya menjadi destinasi wisata untuk berbelanja batik, tetapi juga sebagai pusat budaya. Sebab, di Kampung Batik Kauman pengunjung bisa belajar tentang sejarah batik, hingga mencoba membuat batik sendiri langsung dari bimbingan pengrajin setempat.


4. Kampung Batik Trusmi, Cirebon

Kemenpar (iklan)Foto: Dok. Kemenpar
Kemenpar (iklan)

Jawa Barat juga memiliki kampung batik yang tak kalah menarik, yakni Kampung Batik Trusmi Cirebon. Batik Cirebon memiliki corak dan motif kaya warna, salah satu yang terkenal adalah motif Megamendung yang menyerupai awan.

Di sentra batik ini terdapat lebih dari 3.000 perajin batik yang siap mengajari pengunjung untuk membatik.


5. Kampung Batik Lasem, Rembang, Jawa Timur

Kemenpar (iklan)Foto: Dok. Kemenpar
Kemenpar (iklan)

Batik produksi Lasem ini berbeda dibandingkan dengan motif batik lainnya. Lantaran hasil perpaduan dari dua budaya yakni Tionghoa dan Jawa, motif batik Lasem terkenal dengan warna menyala, seperti merah, biru, dan hijau tua.

Inilah yang menjadikan batik Lasem unik dan menjadi salah satu mahakarya terkenal di Indonesia. Di Kampung Batik Lasem ini, pengunjung dapat melihat proses pembuatan hingga mewarnai batik.

Klik di sini untuk inspirasi destinasi wisata #DiIndonesiaAja.

(fef/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER