Ahli Ungkap Aneka Manfaat Mangga bagi Kesehatan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 12/10/2020 10:26 WIB
Selain populer karena rasa dan warnanya yang cerah, mangga si raja buah ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Ilustrasi: Selain populer karena rasa dan warnanya yang cerah, mangga si raja buah ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mangga menjadi salah satu buah yang, bukan saja lezat--bagi yang menyukai buah ini--melainkan juga padat nutrisi. Si raja buah ini tak hanya populer karena rasa dan warnanya yang cerah, namun manfaatnya bagi kesehatan pun beragam.

Mangga kaya akan protein, serat, vitamin C, vitamin A, asam folat, vitamin B-6, vitamin K dan kalium. Buah ini membantu mengurangi risiko kesehatan terkait gaya hidup seperti obesitas, diabetes dan penyakit jantung.

Selain mengurangi risiko dari penyakit-penyakit tersebut, mangga juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Berikut manfaat kesehatan ketika Anda mengonsumsi mangga.


Mengatur kadar kolesterol

Mangga memiliki tingkat vitamin C, pektin dan serat yang tinggi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Mangga segar juga kaya kalium, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh.

Kandungan dalam mangga juga membantu tubuh mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Treatment keasaman

Mangga kaya akan asam tartarat, asam malat dan asam sitrat yang membantu menjaga cadangan alkali tubuh dengan menghindari masalah keasaman.

Membuat tubuh menjadi basa penting, karena makanan tertentu dapat menciptakan produk sampingan asam dalam tubuh Anda sehingga berpotensi mengganggu proses pencernaan. Makan mangga bisa membantu mengurangi efek negatif dari keasaman ini.

Infografis Alasan Buah Sehat bagi PencernaanFoto: CNN Indonesia/Laudy Gracivia
Infografis Alasan Buah Sehat bagi Pencernaan

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kombinasi vitamin C dan vitamin A serta 25 jenis karotenoid dalam mangga. Perpaduan ini menurut sebuah studi, dalam membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.

Mangga menjadi sumber nutrisi peningkat kekebalan yang baik. Raja buah-buahan ini dapat membantu melawan infeksi. Mangga juga mengandung folat, vitamin K, vitamin E dan beberapa vitamin B yang membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Mengurangi risiko asma

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin A dan beta-karoten mungkin lebih rendah pada anak-anak dengan asma, dan dengan mangga yang jadi sumber kedua kandungan tersebut maka risiko dipercaya bisa ditekan.

Namun tidak jelas pula apa peran nutrisi penting dalam mencegah perkembangan asma.

Mendukung kesehatan mata

Mangga kaya akan vitamin A dan secangkir irisan mangga setara dengan 25 persen asupan kebutuhan harian vitamin A. Mangga membantu meningkatkan penglihatan, mengatasi mata kering dan membantu mengatasi rabun senja.

(NMA/NMA)

[Gambas:Video CNN]