4 Cara Tetap Nyaman #PakaiMasker di Cuaca Panas

Satgas Covid-19, CNN Indonesia | Rabu, 14/10/2020 17:01 WIB
Masyarakat wajib memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Sejumlah cara dapat dilakukan untuk tetap nyaman pakai masker di cuaca panas. Ilustrasi: Masyarakat wajib memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Sejumlah cara dapat dilakukan untuk tetap nyaman pakai masker di cuaca panas. (Foto: CNN Indonesia/ Khaira Ummah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rutinitas memakai masker saat pandemi Covid-19 membuat sebagian orang tidak nyaman, apalagi di tengah cuaca panas. Namun itu bukan berarti seseorang jadi bebas melepas masker, terlebih ketika berada di tempat umum.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah terus mengampanyekan 3M untuk menahan penyebaran Covd-19, yaitu #jagajarak, #cucitangan, dan #pakaimasker.

Sejumlah studi menyatakan pemakaian masker efektif menahan penyebaran virus Corona di tempat umum. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar nyaman memakai masker di saat cuaca panas, dilansir dari Medical Xpress.


1. #PakaiMasker berbahan ringan

WHO dan pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker dengan rapat dan tertutup. Hal tersebut dilakukan salah satunya agar virus di udara tidak terhirup dan masuk melalui hidung atau mulut.

Agar nyaman memakai masker, cobalah beralih ke masker yang terbuat dari bahan ringan seperti masker bedah, yang dinilai lebih nyaman untuk Anda bernapas. Saat cuaca panas, menggunakan masker kain akan membuat Anda cepat gerah dan tidak nyaman.

Saat ini masker bedah atau masker medis dijual di pasaran dengan harga beragam. Masker medis juga tersedia dalam berbagai model dan ukuran.

2. Ganti masker secara berkala

Saat berada di ruang terbuka dalam waktu lama, wajah seseorang biasanya berkeringat. Hal tersebut terkadang membuat seseorang tak nyaman memakai masker.

Kekeringan membuat permukaan masker menjadi lembab. Hal tersebut kemudian membuat fungsi masker sebagai penyaring virus tidak maksimal.

Untuk itu, disarankan bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah untuk mengganti masker secara berkala. Pemerintah, melalui Satgas Covid-19 menyarankan masyarakat mengganti masker setiap 4 jam.

Untuk itu, Anda dianjurkan menyimpan beberapa masker cadangan saat beraktivitas di luar rumah. Simpanlah masker-masker cadangan di tempat khusus agar tidak terkontaminasi dengan benda lain.

3. Sesekali buka masker

Tidak dapat dipungkiri bahwa menggunakan masker wajah terlalu lama menimbulkan rasa kurang nyaman, mulai dari rasa nyeri di belakang telinga, lecet pada tulang hidung, hingga kesulitan bernapas.

Rasa tidak nyaman juga kerap terjadi kala seseorang beraktivitas di udara panas. Jika merasa demikian, Anda dapat beristirahat sejenak sambil membuka masker yang menempel di wajah.

Agar tetap aman untuk diri Anda dan orang lain, sebaiknya pilih lokasi istirahat yang jauh dari kerumunan.

4. Minum air secara teratur

Cuaca panas membuat tubuh jadi cepat lelah karena pasokan jumlah oksigen yang berkurang. Pemakaian masker di wajah semakin membuat seseorang kesulitan bernapas.

Untuk itu, agar tetap nyaman memakai masker saat beraktivitas di tengah udara panas, pastikan tubuh untuk tetap terhidrasi dengan cara minum air secara teratur.

Tubuh yang kelelahan akibat kurang oksigen dapat dideteksi dari beberapa hal seperti pusing hingga jantung yang berdebar kencang. Jika napas sudah terasa berat, Anda dianjurkan untuk melepaskan masker dan segera mendatangi fasilitas kesehatan.

Sesuai saran WHO, agar terhindar dari paparan Covid-19 masyarakat dianjurkan untuk selalu memakai masker saat beraktivitas. Terlebih ketika beraktivitas di luar ruangan seperti bertemu kerabat, berbelanja hingga berolahraga.

Selain #pakaimasker, sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, masyarakat juga dianjurkan untuk selalu #jagajarak dan #cucitangan.

(ang/fjr)

[Gambas:Video CNN]