7 Jenis Makanan Berkarbohidrat yang Aman Dikonsumsi

tim, CNN Indonesia | Jumat, 09/10/2020 08:27 WIB
Karbohidrat mendapat predikat buruk terutama bagi mereka yang berjuang untuk menurunkan berat badan. Namun ada berbagai jenis karbohidrat yang aman dikonsumsi. Karbohidrat mendapat predikat buruk terutama bagi mereka yang berjuang untuk menurunkan berat badan. Namun ada berbagai jenis karbohidrat yang aman dikonsumsi.(couleur/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama ini karbohidrat mendapat predikat buruk terutama bagi mereka yang berjuang untuk menurunkan berat badan. Namun sebenarnya ada berbagai jenis karbohidrat yang aman dikonsumsi.

Anda tentunya bisa menemukan berbagai jenis karbohidrat dalam berbagai makanan. Namun pastikan Anda menyantap aneka karbohidrat kompleks yang penuh serat dan nutrisi lainnya dibanding dengan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana akan membuat Anda lebih mudah makan berlebihan karena mudah diserap ke dalam aliran darah. Apa yang tidak dibutuhkan tubuh dan disimpan di jaringan perifer atau sel lemak Anda.

Konsumsi karbohidrat yang 'tak aman' secara teratur dapat menyebabkan penambahan berat badan, oleh karena itu kami menganggap makanan yang mengandung karbohidrat "menggemukkan."


Berikut beberapa karbohidrat yang aman dikonsumsi dan aman untuk lingkar pinggang serta berat badan.

1. Oat

Mengutip Good Housekeeping, serat prebiotik yang ditemukan dalam oat akan membantu mengisi probiotik tubuh Anda. Selain itu, penelitian juga sudah mengaitkan beta glukan, sejenis serat larut dalam gandum untuk menurunkan kolesterol.

2. Kentang

Kentang memiliki mengandung 4 gram protein nabati, 5 gram serat, dan 25 persen kalium yang dibutuhkan dalam sehari. Namun ini hanya berlaku jika kentangnya direbus atau dipanggang. Ambil setengah kentang besar untuk satu porsi makanan Anda lalu bumbui sesuai selera.

3. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian yang kaya protein, serat, vitamin, dan mineral. Apa yang membuatnya lebih bergizi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya? Ini lebih tinggi vitamin B dibandingkan biji-bijian seperti jelai, gandum hitam, beras, dan jagung. Semua bahan makanan tersebut akan membantu mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi bahan bakar untuk energi.

4. Labu

Selain kandungan zat besinya, labu kuning juga dikemas dengan beta-karoten, antioksidan penting untuk penglihatan dan kulit Anda. Anda bisa mendapatkan manfaat nutrisinya sepanjang tahun dalam bentuk kalengan yang serbaguna.

Ilustrasi labuFoto: Pixabay/RayMiller
Ilustrasi labu

5. Talas

Taro atau talas termasuk dalam keluarga sayuran akar bertepung dan rasanya seperti kentang. Ini memiliki serat dua kali lipat (cangkir memiliki hampir 5 gram!) Dibandingkan dengan kentang.

6. Singkong

Sebagai pengganti biji-bijian yang mengandung serat dan mineral yang bebas gluten, susu, dan kacang, ini dapat berfungsi sebagai bahan dasar untuk banyak resep memanggang. Namun perlu diingat bahwa singkong adalah sumber karbohidrat makanan terkonsentrasi.

7. Pisang

Konsumsi pisang sekali sehari dengan tambahan satu sendok makan selai kacang. Selain itu Anda juga bisa memotong pisangnya menjadi campuran dalam sereal sarapan pagi.

(chs)

[Gambas:Video CNN]