Hari Tanpa Bra Sedunia

5 Manfaat Tak Pakai Bra: Sirkulasi Lancar sampai Tidur Pulas

tim, CNN Indonesia | Selasa, 13/10/2020 07:56 WIB
Tanggal 13 Oktober dirayakan sebagai Hari Tanpa Bra Sedunia atau World No Bra Day. Ada beberapa manfaat tak pakai bra untuk kesehatan perempuan. Tanggal 13 Oktober dirayakan sebagai Hari Tanpa Bra Sedunia atau World No Bra Day. Ada beberapa manfaat tak pakai bra untuk kesehatan perempuan. (iStockphoto/dannikonov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanggal 13 Oktober dirayakan sebagai Hari Tanpa Bra Sedunia atau World No Bra Day. Hari tersebut dirayakan sebagai bentuk kewaspadaan kepada kanker payudara yang dialami para perempuan.

Hari tanpa bra sedunia ini awalnya ditetapkan pada 9 Juli. Namun tiga tahun kemudian, sejak 2014, hari tersebut dipindahkan ke tanggal 13 Oktober mengikuti bulan perayaan kanker payudara.

Bicara tentang tak pakai bra, beberapa perempuan mungkin bakal merasa risih, namun ada juga yang merasa nyaman. Hanya saja, ada beberapa manfaat tak pakai bra untuk kesehatan perempuan.


Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat tak pakai bra.

1. Baik untuk sirkulasi darah



Sirkulasi darah pada tubuh dipengaruhi oleh pilihan busana termasuk penggunaan bra. Sebuah studi dari Jepang menyebut pemakaian busana ketat termasuk bra bisa berpengaruh buruk pada sirkulasi darah.

Saat mengenakan bra, bra akan menekan pembuluh darah sekitar dada sehingga memperlambat sirkulasi. Jika dibiarkan terlalu lama maka bisa timbul masalah kardiovaskular.



2. Payudara tidak kendur



Studi selama 15 tahun oleh profesor asal Perancis Jean-Denis Rouillon membuktikan bahwa bra tak memberikan manfaat buat wanita. Bahkan bra bisa mengganggu kesehatan payudara.

Melansir dari Healthline, studi yang melibatkan 300 wanita ini menunjukkan justru partisipan yang tidak mengenakan bra mengalami pertumbuhan lebih banyak jaringan otot yang membuat payudara memiliki penyokong alami.

Dia menambahkan bra dengan bahan ketat malah mencegah jaringan tumbuh sehingga payudara menjadi kendur. Namun tentu saja ini dalam aktivitas biasa, bukan olahraga, apalagi olahraga ekstrem.



3. Tidur lebih nyenyak



Banyak rumor menyebut kebiasaan mengenakan bra saat tidur bisa menyebabkan kanker payudara. Hingga kini belum ada penelitian yang mengamini hal ini. Namun mengenakan bra saat tidur terbukti bisa mengganggu kenyamanan dan siklus tidur Anda.

Riset dari Jepang membuktikan bra bisa berdampak pada jam biologis tubuh. Bra bisa membuat Anda sulit tidur atau tidak mendapatkan tidur nyenyak.

Di hari tanpa bra sedunia ini Anda mungkin bisa mencoba hal yang satu ini.



4. Mengurangi rasa sakit



Payudara bebas dari bra artinya Anda juga membebaskan diri dari rasa sakit. Ini berkaitan dengan pilihan model maupun ukuran bra.

"Bra yang ketat bisa menyebabkan sakit pada tulang rusuk, punggung dan leher. Rasa sakit juga bisa mengarah ke lekukan di bahu atau di belakang," kata Anuradha Seshadri, internis di UCLA Health mengutip dari Bustle (27/6).



5. Kulit bersih bebas masalah



"Kotoran dan keringat yang terbentuk di bawah bra bisa mengarah ke infeksi kulit dan jerawat," kata Seshadri.



Apalagi untuk Anda yang tinggal di daerah tropis juga negara empat musim saat masuk musim panas. Tubuh terus berkeringat dan bra adalah lokasi yang cukup banyak menampung keringat.

Selamat hari tanpa bra sedunia dan jangan lupa untuk melakukan SADARI demi meningkatkan kesadaran akan kanker payudara. 

(chs)

[Gambas:Video CNN]