Daftar Makanan dan Sayuran Pantangan Penderita Asam Urat

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 15/10/2020 10:21 WIB
Makanan, termasuk sayuran yang mengandung kadar purin tinggi menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Berikut daftarnya. Ilustrasi: Makanan, termasuk sayuran yang mengandung kadar purin tinggi menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Salah satunya adalah beberapa jenis makanan laut, termasuk kerang. (Foto: Pixabay/PDPics)
Jakarta, CNN Indonesia --

Asam urat terjadi ketika tubuh kelebihan kadar purin lantas membentuk kristal di persendian. Karena itu beberapa makanan yang mengandung purin tinggi adalah salah satu yang jadi pantangan penderita asam urat.

Purin merupakan senyawa kimia tertentu yang ditemukan pada beberapa makanan, dipecah menjadi asam urat. Konsumsi makanan yang tinggi purin akan meningkatkan asam urat dalam tubuh.

Biasanya, asam urat ditandai dengan radang sendi dan batu ginjal yang bersifat kambuhan. Penyakit ini bisa dipicu oleh konsumsi beberapa makanan yang semestinya jadi pantangan asam urat. Anda bisa mencegah asam urat kambuh dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi.


Berikut makanan dan sayuran pantangan penderita asam urat dikutip dari berbagai sumber.

Jeroan dan daging merah

Ragam jenis daging, khususnya domba, memiliki kadar purin yang sangat tinggi. Selain itu dikutip dari laman kesehatan Healthline, aneka jeroan seperti usus, otak, paru-paru, hati, lidah dan limpa hewan pun tinggi pula kandungan purinnya.

Namun bukan berarti lantas tak boleh makan sama sekali, Anda hanya saja perlu mengontrol agar konsumsi daging merah dan jeroan per harinya tak berlebihan.

Makanan laut

Para penderita asam urat terpaksa harus menahan hasrat untuk menyantap makanan laut. Beberapa makanan laut yang harus jadi pantangan dikutip dari laman Medical News Today di antaranya ikan sarden, ikan haring, ikan kembung, teri, telur ikan, kerang, tiram, kepiting, lobster dan udang.

Jika Anda benar-benar sedang ingin makan ikan, salmon bisa jadi pilihan aman lantaran kandungan purinnya lebih rendah dibanding ikan lainnya.

Bayam dan asparagus

Bunch spinach on whiteFoto: Istockphoto/chengyuzheng
Setiap 100 gram bayam mengandung 57 gram purin.

Bayam merupakan sayuran yang tinggi zat besi, vitamin C, betakaroten, flavonoid dan luteins. Akan tetapi bayam juga mengandung purin.

Tabel makanan AcuMedico menyebut, ada 57 gram purin untuk setiap 100 gram bayam. Asparagus pun demikian.

Namun begitu sekalipun mengandung purin, keduanya tak menyebabkan kerusakan sebanyak purin yang berasal dari produk daging. Ini karena purin pada sayuran dapat dikeluarkan tubuh dengan mudah daripada purin dari produk hewani.

Hanya saja, jika Anda penderita asam urat maka sebaiknya hindari konsumsi bayam dan asparagus. Jika dikelompokkan, sayuran hijau masuk dalam kategori makanan dengan kadar purin rendah.

Kacang-kacangan

Jika dikelompokkan, kacang-kacangan memiliki purin yang lebih rendah ketimbang produk daging. Sejumlah kacang-kacangan yang mengandung purin di antaranya kacang hijau, kacang kering, kacang tanah, tauge dan melinjo.

Kembang kol

Sayuran ini juga masuk dalam daftar makanan pantangan asam urat lantaran mengandung kadar purin yang tinggi. Menurut AcuMedico, dalam 100 gram kembang kol terdapat 51 gram purin.

Unggas

Selain jenis daging merah dan aneka jeroan, daging putih seperti daging unggas juga mengandung purin tinggi.

Yang termasuk jenis unggas di antaranya angsa, bebek dan burung, juga kalkun. Keempat jenis unggas ini dagingnya memiliki kandungan purin lebih tinggi dibanding daging putih pada umumnya.

Sementara daging ayam, masih aman untuk dikonsumsi penderita asam urat selama tidak dimasak menggunakan banyak minyak. Selain itu, konsumsi daging ayam paling banyak 50 gram per hari.

Makanan olahan

Selain miskin gizi dan tidak sehat, makanan olahan seperti kornet, daging cincang, sarden kalengan, abon dan dendeng memiliki kandungan purin yang tinggi. Karena itu pastikan para penderita asam urat menghindari makanan-makanan instan ini.

Anda bisa memulai hidup sehat dan menghindari makanan pantangan asam urat.

(NMA/NMA)

[Gambas:Video CNN]