7 Manfaat Jus Wortel, Salah Satunya Tingkatkan Imun Tubuh

Tim, CNN Indonesia | Senin, 19/10/2020 06:16 WIB
Jus wortel mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Ada sejumlah manfaat jus wortel untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem imun tubuh. Ilustrasi. Jus wortel mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Ada sejumlah manfaat jus wortel untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem imun tubuh. (couleur/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jus menjadi salah satu cara mudah untuk mendapatkan nutrisi wortel yang tinggi untuk tubuh. Terdapat sejumlah manfaat jus wortel yang baik untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem imun tubuh.

Jus wortel mengandung nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan potasium. Jus wortel murni tanpa gula rendah kalori dan karbohidrat.

Jus wortel juga mengandung antioksidan karotenoid, lutein, dan zeaxanthin. Karotenoid utama wortel adalah beta karoten yang juga merupakan pemberi warna oranye pada wortel.


Semua nutrisi di dalam jus wortel memberikan keuntungan untuk tubuh. Berikut 7 manfaat jus wortel.

1. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan provitamin A dalam jus wortel membantu meningkatkan kesehatan mata. Studi menunjukkan, konsumsi buah dan sayur yang mengandung provitamin A menurunkan risiko kebutaan dan penyakit mata karena penuaan.

Lutein dan zeaxanthin juga dapat melindungi kerusakan pada mata karena paparan sinar yang berbahaya.

Terlebih lagi, jus wortel adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik, dua karotenoid lain yang menumpuk di mata Anda dan melindunginya dari sinar yang merusak.

2. Meningkatkan sistem imunitas

Jus wortel juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan C di dalam jus wortel merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel kekebalan dari kerusakan radikal bebas. Jus wortel juga kaya akan vitamin B6 yang diperlukan untuk respons kekebalan tubuh yang optimal.

Studi menunjukkan, kekurangan vitamin-vitamin ini dapat melemahkan sistem imun dan meningkatkan risiko terkena penyakit.

3. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam jus wortel juga dapat mencegah kanker. Dikutip dari Healthline, studi mendapati poliasetil, beta karoten, dan lutein efektif melawan sel leukemia. Senyawa dalam wortel tersebut dapat membunuh sel kanker.

4. Mengontrol gula darah

Minum jus wortel juga membantu menurunkan kadar gula darah. Jus wortel mengandung probiotik yang membantu mempengaruhi bakteri di usus terkait dengan diabetes.

Studi menunjukkan, jus wortel memiliki efek kontrol gula darah dan efek anti-inflamasi.

5. Membersihkan kulit

Kandungan vitamin C dalam jus wortel juga membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga meningkatkan kesehatan kulit. Produksi kolagen membuat kulit lebih elastis, bersih, dan cerah.

6. Menjaga kesehatan jantung

Konsumsi jus wortel juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Potasium dalam jus wortel menjaga tekanan darah dan melindungi pembuluh darah sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke.

7. Melindungi hati

Karotenoid dalam jus wortel juga meningkatkan kesehatan hati. Studi menunjukkan, konsumsi wortel dapat mencegah penyakit hati berlemak non-alkohol.

Konsumsi lah jus wortel murni tampa tambahan gula agar mendapatkan manfaat optimal untuk kesehatan.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA