Tips Memilih Kunci Sepeda yang Baik dan Anti Maling

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 14:41 WIB
Sejumlah tips memilih kunci sepeda yang baik harus dipelajari untuk menjaga keamanan sepeda Anda dari tindak pencurian. Ilustrasi: Sejumlah tips memilih kunci sepeda yang baik harus dipelajari untuk menjaga keamanan sepeda Anda dari tindak pencurian. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meningkatnya tren bersepeda dalam beberapa bulan terakhir diikuti dengan risiko tinggi terjadinya pencurian. Untuk itu, pemilihan kunci sepeda yang baik sangatlah diperlukan, apalagi harga sepeda kini semakin mahal.

Sejumlah hal bisa dilakukan pengguna sepeda untuk menghindari pencurian sepeda. Berikut di antaranya:

Pertimbangan sebelum Membeli Kunci Sepeda

Sejumlah hal bisa diperhatikan sebelum Anda memilih dan membeli kunci sepeda, antara lain:


1. Ukuran Kunci Sepeda

Seseorang harus mempertimbangkan ukuran sepeda sebelum membeli kunci sepeda.

Kunci sepeda mempunyai panjang, ukuran, dan bentuk yang berbeda. Usahakan untuk tidak memilih ukuran kunci sepeda yang tidak sesuai dengan sepeda yang dimiliki. 

Pengguna sepeda biasanya mengunci sepeda di tiang, pagar, bangku, atau pohon. Benda-benda tersebut memiliki ukuran yang berbeda.

Akan lebih baik jika kunci sepeda yang dibeli dapat melingkari benda-benda tersebut.

2. Tingkat Keamanan

Sebuah lembaga riset keamanan independen asal Inggris Sold Secure melakukan uji coba kualitas dan keamanan dari para produsen gembok sepeda.

Mereka membagi tingkat keamanan kunci sepeda dalam tiga kategori: emas, perak, perunggu.

Emas menandakan keamanan maksimal yang sangat baik, perak keamanan menengah, dan perunggu rendah.

Pembagian kategori ini, berdasarkan pada:

  • Posisi lubang kunci, posisi lubang kunci yang berada di tengah lebih sulit untuk dibobol
  • Jumlah baut pada gembok, kunci sepeda tipe U yang bagus memiliki dua baut mati. Pencuri akan lebih sulit membobol dua baut mati ketimbang satu baut
  • Ketebalan dan material bahan gembok, kunci sepeda yang baik terbuat dari material baja dengan minimal ketebalan tertentu. Kunci rantai baja yang baik, harus memiliki ketebalan kurang lebih 15 milimeter.

Sold secure menempatkan gembok tipe U dan rantai dalam kategori emas karena kedua jenis gembok ini menggunakan material baja tebal.

Setelah mengetahui sedikit hal yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli kunci sepeda.

Jenis Gembok Sepeda

Semua jenis gembok dan kunci sepeda diciptakan untuk mengamankan sepeda dari tindak pencurian. Namun, setiap jenis gembok sepeda memiliki karakteristik, kelebihan, dan kekurangan masing-masing.

1. Tipe Kunci U

Black bike u lock, open and locked views. Isolated on whiteKunci tipe U dinilai aman untuk menjaga sepeda dari pencurian. Pelajari tips memilih kunci sepeda yang baik. (Foto: iStockphoto/Oleksandr Boliukh)

Kunci sepeda tipe U biasanya terbuat dari material logam tebal sehingga memiliki daya tahan yang baik. Sementara, kekurangan tipe kunci U ada pada bentuknya yang agak besar dan sedikit berat jika anda menyimpannya di dalam tas.

Jika Anda membeli kunci U berukuran kecil, memang lebih ringkas dibawa tapi tidak dapat mengunci ke pohon atau tiang berdiameter besar.

Dalam memilih kunci U, Anda bisa memilih kunci dengan lapisan berbahan silikon agar cat sepeda tidak tergores.

2. Tipe Rantai

Closeup of a purple bicycle combination chain lock wrapped around the seat post of a purple bike.Kunci rantai dinilai memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Pelajari tips memilih kunci sepeda yang baik. (Foto: iStockphoto/mikkean)

Kunci rantai juga kuat karena terbuat dari material logam yang tebal. Kunci rantai sifatnya lebih fleksibel, membuat tas Anda lebih hemat ruang.

Tipe kunci rantai memiliki panjang dan bobot yang berbeda-beda. Umumnya, panjang rantai berkisar 120 cm hingga 150 cm, dengan berat bobot ratusan gram hingga lebih dari 1 kilogram.

Anda harus memperhatikan berat kunci rantai Anda, sesuaikan dengan kemampuan Anda membawanya.

Pertimbangkan objek yang Anda sasar untuk mengikatkan gembok tersebut, dan pastikan berat kunci rantai tidak begitu membebani.

3. Tipe Kabel

Number Lock on a Bike/ Bicycle Chain LockKunci kabel memiliki tingkat keamanan rendah, namun mudah dibawa-bawa. Pelajari tips memilih kunci sepeda yang baik. (Foto: iStockphoto/VICHAILAO)

Kunci sepeda tipe kabel adalah yang paling praktis, ringan, mudah dibawa ke mana saja, namun tingkat keamanannya rendah.

Jenis kunci ini mudah dipotong menggunakan gunting baja. Meski begitu, Anda bisa mengombinasikan dengan tipe kunci lain agar sepeda Anda lebih aman.

Beberapa merk yang menjual jenis kunci ini sudah menyediakan kunci yang dilengkapi dengan alarm.

Cara agar Sepeda Selalu Aman

Setelah mengetahui pertimbangan keamanan dan jenis gembok, Anda juga perlu mengetahui cara mengamankan sepeda yang baik.

Perhatikan Lokasi Sekitar

Jika sepeda Anda tipe road bike dan hybrid, pilihlah lokasi yang ramai orang.

Pastikan posisi sepeda yang Anda parkir masih berada dalam jangkauan pandangan. Selain itu, cek tempat Anda meninggalkan sepeda terdapat kamera pemantau atau CCTV.

Rak Sepeda Umum Kokoh

Saat mengunci sepeda di parkiran sepeda umum, pastikan kondisi rak besi kokoh tidak mudah bergerak. Tertanam dalam semen dengan baik dan terbuat dari besi yang kuat.

Lepas Aksesori yang Menempel pada Sepeda

Aksesori sepeda bisa menjadi daya tarik seseorang untuk mencuri sebuah sepeda. Cobalah untuk melepas aksesori sepeda sebelum memarkirnya.

Aksesoris yang biasa menjadi daya tarik antara lain bel, GPS, lampu sepeda, dan heart rate monitor.

Cara Mengunci Sepeda di Tempat Umum

Setelah mempelajari tips memilih kunci sepeda yang baik, pelajari juga cara umum mengunci sepeda untuk mencegah sepeda Anda dicuri.

Kunci ganda bisa jadi cara untuk membuat sepeda Anda lebih aman. Kunci pertama harus melingkari roda belakang - rangka - dan rak sepeda.

Kemudian, kunci kedua harus mengelilingi roda depan, rangka, dan rak sepeda. Gunakan dua kunci yang berbeda jika ingin mencoba cara ini. Anda bisa menggunakan kombinasi kunci tipe U dan rantai.

(imb/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK