7 Ide Membuat Telur Orak-arik Jadi Tak Membosankan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 05:46 WIB
Telur orak-arik jadi menu sarapan yang mudah dibuat. Agar tak bosan, racik telur orak-arik Anda dengan beberapa ide berikut. Ilustrasi. Telur orak-arik jadi menu sarapan yang mudah dibuat. Agar tak bosan, racik telur orak-arik Anda dengan beberapa ide berikut. (Istockphoto/ Robynmac)
Jakarta, CNN Indonesia --

Telur orak-arik memang jadi sarapan yang sempurna. Menu satu ini mudah dibuat, tapi terkadang membosankan.

Anda tak perlu khawatir, ada beberapa cara agar membuat telur orak arik Anda jadi lebih menarik. Sedikit bereksperimen saat menyiapkan sarapan tak ada salahnya.

Berikut mengutip Cooking Light, beberapa ide mengolah telur orak-arik jadi lebih menarik.


1. Campur dengan yogurt

Memberikan sedikit susu pada kocokan telur membuat rasa jadi lebih gurih. Namun, sesekali ganti susu dengan yogurt untuk rasa agak asam dan lebih creamy. Anda harus mencoba formula yang tepat agar telur tidak terlalu encer dan asam.

2. Campur dengan krim keju

Jika yogurt dirasa kurang pas, bagaimana dengan krim keju? Pemberian krim keju bakal memberikan cita rasa lebih gurih dan asin tanpa garam. Telur juga akan lebih creamy berkat kandungan lemak yang tinggi.

3. Satukan dengan tumis bayam

Potongan sayuran dalam telur orak-arik bukan ide buruk. Pilih satu jenis sayur, seperti bayam.

Tumis bayam terlebih dahulu, lalu pecahkan telur. Orak-arik seperti biasa. Santapan penuh nutrisi pun siap mengawali hari Anda.

4. Tomat untuk rasa asam nan segar

Rasa manis dan asam bakal memberikan semangat di pagi hari. Pilih beberapa tomat ceri dan belah jadi dua bagian. Tumis dengan butter. Jika suka, Anda bisa menambahkan garam dan lada lalu tumis hingga agak layu. Masukkan kocokan telur dan aduk seperti biasa.

5. Bacon

Bacon bisa menambah asupan protein dan lemak dalam sarapan Anda. Terlebih dahulu masak bacon dengan cukup memanggangnya di atas teflon selama beberapa menit, kemudian sisihkan. Di teflon yang sama, masukkan kocokan telur dan aduk. Sajikan telur orak-arik berdampingan dengan bacon dan saus tomat atau saus sambal.

6. Tambahkan potongan boga bahari

Telur bisa dikombinasikan dengan apa pun termasuk seafood atau boga bahari seperti udang, kepiting, cumi, atau tuna. Terlebih dahulu bumbui atau marinasi makanan laut Anda semalaman sebelum diolah saat pagi harinya.

Tumis sebentar hingga setengah matang, masukkan kocokan telur.

7. Kimchi atau bubuk jalapeno

Ingin rasa asam pada orak-arik telur? Coba saja tambahkan kimchi. Tumis kimchi terlebih dahulu, lalu tambahkan telur dan sedikit kecap asin.

Untuk rasa pedas yang sesungguhnya, coba ganti kimchi dengan bubuk jalapeno atau bubuk kari. Potongan cabe rawit bukan ide buruk jika Anda pecinta rasa pedas.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK