Cara Membersihkan Perhiasan Agar Bebas Virus dan Bakteri

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 15:36 WIB
Perhiasan bisa jadi sarang bakteri dan virus penyebab penyakit. Berikut cara membersihkan perhiasan dengan benar. Ilustrasi. Perhiasan bisa jadi sarang bakteri dan virus penyebab penyakit. (iStockphoto/Kwangmoozaa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Studi terbaru menunjukkan, mayoritas orang tidak pernah membersihkan perhiasan mereka. Padahal, perhiasan bisa menjadi sarang bakteri dan virus penyebab penyakit. Terdapat cara membersihkan perhiasan agar bebas bakteri dan virus yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Penelitian dari Est1987 mendapati, 66 persen atau 2 dari 3 orang tidak pernah membersihkan perhiasan mereka. Studi ini juga mendapati kotoran di perhiasan 428 kali lebih banyak daripada kuman di dudukan toilet.

Peneliti juga menemukan, terdapat 21 ribu pertumbuhan bakteri pada cincin, jam tangan, dan anting setelah dipakai seharian. Bakteri itu termasuk Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) yang dapat menyebabkan difteri, keracunan makanan, dan koloni bakteri yang dapat menyebabkan sariawan.


Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan perhiasan, terutama yang dipakai di tangan seperti cincin, gelang, dan jam tangan terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Perhiasan ini bersentuhan dengan ratusan permukaan setiap hari yang berpotensi jadi tempat hinggap bakteri dan virus.

Berikut cara membersihkan perhiasan agar bebas dari bakteri dan virus.

1. Gunakan larutan pembersih

Gunakan larutan pembersih yang dapat membunuh bakteri dan virus, tapi juga aman untuk perhiasan. Campur larutan dengan air panas.

Rendam perhiasan dalam larutan tersebut 10-30 menit.

2. Sikat perhiasan

Siapkan penyikat atau Anda juga dapat menggunakan sikat gigi. Angkat perhiasan yang direndam, lalu gosok secara perlahan. Pastikan semua bagian, setiap sudut, hingga lekuk ukiran perhiasan dibersihkan dengan baik. Lalu, bilas dengan air dingin yang bersih. Pastikan tidak ada sabun yang tertinggal.

3. Poles

Gunakan kain lembut dan kering untuk memoles perhiasan. Cara ini dapat membuat perhiasan benar-benar bersih dan bersinar serta siap digunakan kembali.

4. Uap atau panas

Dikutip dari Metro UK, Anda juga dapat mencoba untuk meletakkan perhiasan sebentar di atas uap atau panas saat merebus air. Cara ini dapat memberikan sentuhan akhir yang membuat perhiasan tampak berkilau dan bebas kuman.

Bersihkan perhiasan secara rutin agar terhindar dari bakteri dan virus penyebab penyakit.

(ptj/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK