Vaksin Terbukti Bermanfaat untuk Kekebalan Tubuh

KPC PEN, CNN Indonesia | Minggu, 25/10/2020 11:03 WIB
Vaksin yang diberikan sejak dini telah terbukti menurunkan angka kematian sejumlah penyakit beresiko tinggi. Ilustrasi. Vaksin yang diberikan sejak dini telah terbukti menurunkan angka kematian sejumlah penyakit beresiko tinggi. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Terbentuknya kekebalan tubuh merupakan manfaat yang diperoleh dari vaksinasi. Vaksin yang diberikan sejak dini terbukti menurunkan angka kematian sejumlah penyakit beresiko tinggi.

Aktivis Yayasan Orangtua Peduli Endah Citraresmi menyebutkan bahwa vaksin berasal dari virus atau bakteri yang sudah dilemahkan dengan tujuan membentuk kekebalan tubuh manusia akan suatu penyakit tertentu. Sehingga, lanjutnya, saat penyakit tersebut menyerang maka tubuh sudah siap dan tidak akan mengalami sakit.

"Pada saat kita diberikan vaksin, maka tubuh kita akan membentuk antibodi untuk memproteksi kita. Jadi kita akan kebal terhadap infeksi di kemudian hari dan tidak ada periode sakitnya," terang Endah dalam Webinar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dengan tema 'Disinformasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi' pada Jumat (23/10).


Webinar tersebut membahas kemanjuran imunisasi memberantas penyakit. Berbagai penyakit menular, polio misalnya, yang hampir berhasil diatasi dengan imunisasi.

Endah menambahkan bahwa vaksin yang diberikan sejak dini telah terbukti menurunkan angka kematian sejumlah penyakit beresiko tinggi. Berdasarkan data, ada banyak penyakit yang berhasil ditekan secara signifikan dengan vaksin.

Pada laporan 2019, kasus campak tercatat menurun hingga lebih dari 99 persen dibandingkan dengan awal abad 20. Kasus pertusis mampu ditekan lebih dari 92 persen, gondongan 98 persen, rubella lebih dari 99 persen, difteri 99 persen. Bahkan, kasus polio hampir hilang 100 persen dan cacar (smallpox) sudah tidak lagi ditemukan.

"Terbukti. Manfaat dan khasiat vaksin itu besar sekali," tegas Endah.

(ang/rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK