Takaran Cuka Apel untuk Turunkan Berat Badan

CNN Indonesia | Kamis, 29/10/2020 15:09 WIB
Studi yang dipublikasikan Pubmed Central menunjukkan cuka apel harian dapat membantu menurunkan berat badan. Studi yang dipublikasikan Pubmed Central menunjukkan cuka apel harian dapat membantu menurunkan berat badan. Ilustrasi. (Istockphoto/kellyreekolibry).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pegiat diet memasukkan cuka apel dalam konsumsi harian mereka untuk menurunkan berat badan. Seberapa ampuh cuka apel untuk menurunkan berat badan? Berapa banyak pula takaran cuka apel yang harus dikonsumsi untuk menurunkan berat badan?

Cuka apel adalah cairan yang mengandung asam asetat yang terbuat dari sari apel yang difermentasi dengan menggunakan bakteri dan ragi. Sari apel diperoleh dari apel yang diperas.

Studi yang dipublikasikan Pubmed Central menunjukkan cuka apel harian dapat membantu menurunkan berat badan. Studi ini mendapati konsumsi cuka apel sebanyak dua sendok makan sehari atau 30 ml tanpa mengubah aspek makanan lain dapat membantu menurunkan 1,6 kg berat badan orang dewasa dalam tiga bulan.


Studi lain juga menemukan konsumsi dua sendok makan cuka apel setiap hari dapat menurunkan berat badan dua kali lipat dibandingkan tanpa cuka apel.

"Studi menunjukkan bahwa menikmati dosis harian cuka apel bersamaan dengan diet seimbang dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan," kata ahli gizi Lily Soutter, dikutip dari Express.

Efektivitas cuka apel menurunkan berat badan terletak dalam kandungan sejumlah asam yang dapat mempercepat metabolisme sekaligus menimbulkan perasaan kenyang yang tahan lama.

"Meskipun belum sepenuhnya dipahami mengapa ini terjadi, diperkirakan bahwa asam asetat dapat mengurangi penyimpanan lemak, sekaligus meningkatkan laju pembakaran lemak oleh tubuh," ungkap Soutter.

Selain itu, cuka apel juga dapat membantu memecah protein sehingga sistem pencernaan bekerja lebih baik.

Selain menurunkan berat badan, cuka apel juga memiliki sejumlah manfaat lain seperti mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Di sisi lain, konsumsi cuka apel yang berlebihan juga dapat memberikan efek samping tertentu.

Dikutip dari Health Line, konsumsi cuka apel dalam jumlah besar atau lebih dari 200 ml per hari dalam jangka waktu yang lama terkait dengan kadar kalium darah yang rendah dan osteoporosis. Keasaman cuka apel dapat merusak enamel gigi.

(ptj/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK