Beda Clover Honey dengan Madu Biasa

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/11/2020 14:47 WIB
Clover honey menjadi salah satu jenis madu yang tengah populer saat ini. Berikut beda antara clover honey dengan madu biasa. Ilustrasi. Clover honey dan madu biasa memiliki beberapa perbedaan dari segi rasa, tekstur, dan lainnya. (Leopict/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Clover honey merupakan salah satu jenis madu yang tengah populer saat ini. Terdapat sejumlah perbedaan clover honey dengan madu biasa.

Sama seperti madu pada umumnya, clover honey mengandung gula alami, vitamin dan mineral, serta tidak ada protein maupun lemak sama sekali.

Perbedaan clover honey dan madu biasa terletak pada asal madu, warna, tekstur, dan rasa yang ditawarkan.


Berikut sejumlah perbedaan clover honey dengan madu biasa.

1. Asal madu

Clover honey berasal dari madu yang dipanen dari lebah yang mengumpulkan nektar dari tanaman clover sehingga menghasilkan rasa yang lebih khas. Terdapat lebih dari 300 spesies tanaman clover.

Sedangkan madu biasa dipanen dari lebah yang mengumpulkan nektar dari tanaman berbunga lainnya.

2. Warna madu

Warna clover honey cenderung putih bening hingga kuning muda. Berbeda dengan madu biasa yang memiliki warna kuning pekat hingga kecokelatan.

3. Tekstur madu

Tekstur clover honey juga lebih cair ketimbang madu pada umumnya yang lebih kental.

4. Rasa

Clover honey memiliki rasa bunga yang kuat dengan manis yang lembut.

5. Proses kristalisasi

Dikutip dari Bee Hour, clover honey mengkristal lebih cepat dibanding dengan jenis madu lainnya karena memiliki kadar glukosa yang lebih tinggi daripada fruktosa. Sehingga, jika dibiarkan terlalu lama, maka madu akan terasa memiliki butiran kristal.

(ptj/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK