Waspada Reinfeksi Covid-19, Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

KPC PEN, CNN Indonesia | Kamis, 05/11/2020 10:03 WIB
Vaksinolog dr. Dirga Rambe menyebut pasien sembuh Covid-19 bisa reinfeksi, untuk itu masyarakat diimbau berhati-hati dan tetap disiplin protokol kesehatan. Vaksinolog dr. Dirga Rambe menyebut pasien sembuh Covid-19 bisa reinfeksi, untuk itu masyarakat diimbau berhati-hati dan tetap disiplin protokol kesehatan. (Foto: AP/Michel Spingler)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog dr. Dirga Sakti Rambe menyebut antibodi yang diproduksi tubuh untuk melawan Covid-19 tidak bertahan lama, sehingga orang yang sudah sembuh masih dapat terinfeksi virus lagi.

"Sekalipun sudah dinyatakan sembuh, harus tetap hati-hati karena sudah ada informasi soal reinfeksi. Jadi harus tetap melaksanakan protokol kesehatan 3M," ujar Dirga dalam Dialog Produktif 'Vaksin: Intervensi Kesehatan Masyarakat yang Efektif dan Aman' di Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) pada Selasa (3/11).

Data reinfeksi ini baru tercatat sebanyak 30 kasus di seluruh dunia, namun masyarakat perlu berhati-hati dan tetap menjalankan protokol kesehatan.


Protokol kesehatan tersebut adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak ketika melakukan kontak dengan siapa pun.

Selain itu kebersihan di sekitar harus tetap dijaga dengan baik. Terutama kebersihan di tempat tinggal maupun usai berinteraksi dengan hewan piaraan maupun ternak.

"Kita harus makin waspada, berdasarkan sejarah pandemi ini bisa berulang, seperti sebelumnya ada pandemi influenza," imbuhnya.

Ia meminta masyarakat yang hasil pemeriksaannya menunjukkan positif Covid-19 tetap berpikir positif dan tenang. Konsultasikan mengenai penanganan dengan dokter dan jika perlu minum obat yang telah direkomendasikan.

"Setelah konsultasi ke dokter, baru minum obat. Jangan berinisiatif untuk minum obat-obatan sendiri," tegasnya.

Menurut dia kasus Covid-19 dengan gejala ringan hanya perlu isolasi mandiri, bahkan tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan khusus selain yang obat-obatan suportif, seperti seperti vitamin atau pereda demam dan batuk yang dapat didapatkan secara bebas.

(ayo/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK