Cara Mengatasi Demam: Beristirahat hingga Mandi Air Hangat

Tim, CNN Indonesia | Senin, 09/11/2020 17:45 WIB
Demam jadi respons tubuh saat melawan infeksi. Cara mengatasi demam yang tepat bisa membantu penanganan berjalan maksimal. Ilustrasi. Cara mengatasi demam yang tepat bisa membantu penanganan berjalan maksimal. (Istockphoto/ vadimguzhva)
Jakarta, CNN Indonesia --

Demam jadi salah satu tanda paling umum dari penyakit. Cara mengatasi demam yang tepat bisa membantu penanganan agar berjalan maksimal.

Meski saling berbeda, namun rata-rata suhu tubuh normal manusia berkisar antara 36-37 derajat Celcius. Lebih dari itu, seseorang dikatakan mengalami demam.

Ibarat alarm, demam juga menjadi salah satu peringatan dini akan adanya sesuatu yang salah pada tubuh. Kebanyakan demam disebabkan oleh infeksi.


Suhu tubuh yang tinggi adalah bagian normal dari reaksi tubuh terhadap infeksi. Pada banyak kasus, demam bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika suhu tubuh terus naik sangat tinggi, bisa jadi infeksi yang terjadi semakin parah.

Melansir Healthline, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi demam.

1. Ukur suhu tubuh dengan termometer dan evaluasi gejala yang muncul. Jika suhu tubuh mencapai 37,5 derajat Celcius, artinya Anda mengalami demam. Gunakan termometer rektal dan oral untuk pengukuran yang lebih akurat.

2. Berbaring di tempat tidur dan beristirahat.

3. Tetap terhidrasi. Minum air sebanyak mungkin untuk mengisi kembali cairan yang hilang melalui keringat.

4. Konsumsi beberapa pilihan obat pereda demam. Jangan minum obat bersamaan dengan obat penurun demam lainnya. Anda juga tak boleh memberikan obat aspirin pada bayi atau anak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Bayi di bawah usia 6 bulan juga tak diperbolehkan meminum obat ibuprofen.

5. Tetap tenang. Lepaskan jaket, selimut, atau lainnya jika Anda merasa gerah dan berkeringat. Tapi tetap gunakan jika Anda menggigil kedinginan.

6. Lakukan kompres dingin di dahi.

7. Mandi air hangat untuk membuat tubuh lebih nyaman. Mandi dengan air dingin bisa berbahaya dan harus dihindari.

Orang dewasa yang mengalami demam umumnya akan merasakan sejumlah gejala yang membuat tubuh terasa tak nyaman. Namun, beda hal dengan bayi, mereka justru akan merasa baik-baik saja meski demam melanda.

Demam umumnya akan memberikan beberapa gejala seperti berikut:

- merasa lemas

- kehilangan selera makan

- sakit kepala

- nyeri otot

- berkeringat

- panas dingin

- mual

- muntah

Jika gejala disertai dengan ruam, lakukan konsultasi dengan dokter. Gejala lain seperti mual dan muntah dapat sembuh lebih cepat dengan pertolongan medis.

Namun, jika demam melebihi 39,4 derajat Celcius, segera cari pertolongan medis. Apalagi jika gejala disertai kebingungan, halusinasi, dan kejang.

Beberapa cara mengatasi demam di atas dapat membantu Anda meredakan suhu tubuh.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK