Alasan Jatuh di Kamar Mandi Dapat Berisiko Fatal

tim | CNN Indonesia
Selasa, 10 Nov 2020 19:12 WIB
Tidak hanya cedera, terpeleset dan jatuh di kamar mandi juga dapat menyebabkan risiko fatal. Tidak hanya cedera, terpeleset dan jatuh di kamar mandi juga dapat menyebabkan risiko fatal. (iStockphoto/Toa55)
Jakarta, CNN Indonesia --

Model Indonesia yang berkarya di AS, Dylan Sada meninggal pada Senin (9/11). Keluarga mengungkap penyebab kematian Dylan Sada diduga karena jatuh di kamar mandi.

Dylan ditemukan meninggal dunia oleh teman sekamarnya di kamar mandi.

Sebagaimana dilansir New York Times, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mencatat bahwa setiap tahun sekitar 235 ribu orang di atas usia 15 mengunjungi ruang gawat darurat karena cedera yang diderita akibat jatuh di kamar mandi, dan hampir 14 persen dirawat di rumah sakit.


Lebih dari sepertiga cedera terjadi saat mandi atau mandi. Lebih dari 14 persen terjadi saat menggunakan toilet. Para peneliti menemukan, kasus cedera meningkat seiring bertambahnya usia, memuncak setelah 85 tahun.

Tidak hanya cedera, terpeleset dan jatuh di kamar mandi juga dapat menyebabkan risiko fatal.

Sebagian potensi bahaya dari jatuhnya seseorang di kamar mandi muncul karena lantai yang licin serta sejumlah peralatan ada di dalamnya.

Umumnya, di dalam kamar mandi terdapat toilet, baik toilet duduk ataupun jongkok, peralatan untuk mandi, lalu bak mandi, bathtub, serta pancuran.

Semua peralatan di atas memiliki material yang padat dan keras. Pada beberapa kamar mandi, bak didesain dengan tepian yang tajam. Beberapa toilet jongkok juga memiliki undakan dengan tepian yang tajam.

Benturan bagian tubuh pada permukaan tajam dan keras inilah yang membahayakan saat seseorang jatuh di kamar mandi.

Dikutip dari Halodoc, jika kaki atau tangan terbentur, kemungkinan besar Anda tak akan langsung hilang kesadaran. Namun akibatnya, tangan atau kaki Anda bisa memar, bahkan retak pada beberapa kasus ekstrem.

Ada juga risiko terjatuh di posisi duduk yang bisa mencederai tulang ekor. Yang paling berbahaya adalah jika kepala terbentur tepian-tepian tajam seperti dari bak mandi.

Benturan di area kepala bisa memicu perdarahan di otak hingga menyebabkan seseorang tak sadarkan diri.

Untuk itu, pahami beberapa penyebab utama kecelakaan terpeleset dan jatuh di kamar mandi yang harus Anda waspadai, dilansir dari The Foster Firm.

1. Lantai basah

Lantai basah merupakan peringatan nyata yang harus Anda perhatikan. Untuk mengatasi hal itu, pilihlah ubin kamar mandi yang tepat dan tidak licin. Selain itu, siapkan keset kamar mandi anti-licin untuk menghindari terpeleset.

2. Bak mandi

Bak mandi dan pancuran bisa menjadi tempat yang sangat tenang, tetapi juga bisa sangat berbahaya. Gunakan rel pengaman dan sangat berhati-hati jika memungkinkan Anda mandi atau berendam.

3. Pencahayaan buruk

Jika Anda tidak dapat melihat dengan jelas apa saja yang ada di sekitar Anda di kamar mandi, itu bisa sangat berbahaya. Cobalah untuk menghindari area kamar mandi dengan cahaya redup atau ganti dengan pencahayaan yang baik.

Jika sedang mati listrik, bawa pencahayaan tambahan dari senter untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

4. Pingsan

Pingsan juga bisa jadi salah satu kemungkinan penyebab seseorang jatuh di kamar mandi. Seseorang bisa pingsan jika terdapat gangguan pada pusat kesadaran karena kurangnya asupan oksigen di otak.

Faktor yang bisa memicu gangguan kesadaran ini berbeda, antara lain tekanan darah rendah, gula darah rendah, gangguan elektrolit dan kurangnya asupan cairan tubuh, serangan stroke, kejang dan gangguan sistem saraf lainnya.

Jika merasa kondisi kurang baik, beritahu pihak keluarga dan minta bantuan untuk mendampingi jika ingin pergi ke kamar mandi.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER