Makanan yang Dilarang untuk Penderita Infeksi Saluran Kencing

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 13/11/2020 05:32 WIB
Ada beberapa makanan yang dilarang untuk penderita infeksi saluran kencing karena dapat mengiritasi kandung kamih. Ilustrasi. Ada beberapa makanan yang dilarang untuk penderita infeksi saluran kencing karena dapat mengiritasi kandung kamih. (Raw Pixel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Makanan bisa jadi pemicu beberapa gangguan kesehatan, termasuk infeksi saluran kemih atau kencing. Beberapa makanan dilarang untuk penderita infeksi saluran kemih (ISK).

Satu dari lima perempuan dilaporkan pernah mengalami ISK dalam hidupnya. Sebanyak 20 persen di antaranya bahkan mengalami ISK lebih dari satu kali.

ISK terjadi saat bakteri memasuki saluran kemih. Bakteri yang mengiritasi saluran kemih kerap menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil. Jika tak ditangani, ISK dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal.


Perempuan 10 kali lebih mungkin mengalami ISK dibandingkan pria. Pada perempuan, bakteri lebih cepat mencapai kandung kemih karena jarak yang lebih pendek.

Meski antibiotik dan obat-obatan tertentu dapat mengobati ISK, namun penting juga untuk menghindari beberapa makanan yang dilarang untuk penderita infeksi saluran kencing seperti berikut.

Beberapa makanan diketahui dapat mengiritasi kandung kemih dan memperburuk gejala ISK. Berikut mengutip Everyday Health.

1. Kopi

Secangkir kopi di pagi hari bisa membuat Anda senang, tapi juga berisiko memicu ISK atau membuat gejalanya semakin parah.

Kafein dalam kopi diketahui dapat mengiritasi kandung kemih dan memperburuk gejala infeksi. Sebuah penelitian terhadap orang dengan sisititis interstisial (radang kandung kemih kronis) menemukan bahwa konsumsi kopi membuat gejala semakin buruk.

Ilustrasi pemuda meminum Ciu Bekonang, Surakarta, Jawa Tengah, 1 Februari 2019. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)Ilustrasi. Minuman beralkohol dapat mengiritasi kandung kemih yang akan memperburuk gejala infeksi saluran kencing. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

2. Minuman beralkohol

Tak cuma menimbulkan gangguan pada perut dan memicu refluks asam lambung, minuman beralkohol juga dapat mengiritasi kandung kemih. Bagi Anda yang sedang mengalami ISK, konsumsi minuman beralkohol hanya akan memperparah gejala yang muncul.

3. Minuman bersoda

Secara umum, soda telah terbukti dapat mengiritasi kandung kemih pada orang dengan peradangan kandung kemih kronis.

Soda yang bercampur dengan perasan lemon dan soda berkafein merupakan penyebab memburuknya gejala ISK.

4. Buah yang asam

Buah memang menjadi bagian penting dari diet sehat. Namun, beberapa buah yang mengandung banyak asam dapat mengiritasi kandung kemih dan memperburuk gejala ISK.

Coba-lah untuk menghindari lemon, jeruk, dan tomat jika Anda sedang mengalami ISK. Buah-buahan lain yang dapat mengiritasi kandung kemih di antaranya apel, anggur, plum, stroberi, dan nanas.

5. Makanan pedas

Jika Anda sedang mengalami ISK, Anda harus menghindari makanan pedas yang dapat memperburuk gejala.

6. Pemanis buatan

Pemanis buatan menjadi musuh dari berbagai penyakit, termasuk ISK. Gejala ISK akan memburuk jika Anda terlalu banyak mengonsumsi pemanis buatan.

Menghindari beberapa makanan yang dilarang untuk penderita infeksi saluran kencing dapat meringankan gejala yang muncul.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK