Sweter Ikonik Putri Diana Dirilis Ulang Setelah Empat Dekade

Tim, CNN Indonesia | Senin, 16/11/2020 19:46 WIB
Sweter rajut 'domba hitam' yang pernah dipopulerkan Putri Diana direproduksi oleh para desainer. Sweter rajut 'domba hitam' yang pernah dipopulerkan Putri Diana direproduksi oleh para desainer. (AFP/Joel Robine)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sweter rajut 'domba hitam' yang pernah dipopulerkan Putri Diana dirilis ulang oleh para desainer. Sweter itu direproduksi empat dekade setelah dipopulerkan hingga mendunia.

Sweter crewneck berwarna merah itu menampilkan gambar lusinan domba putih dengan satu domba hitam yang tepat berada di tengahnya.

Sweter yang dibuat dengan bahan wol itu dikeluarkan pada tahun 1979 oleh label mode asal Inggris, Warm & Wonderful. Sweter kemudian dikenal luas saat mendiang Putri Diana mengenakan sweter tersebut pada 1980 silam.


Melansir CNN, Warm & Wonderful berkolaborasi dengan desainer asal Amerika Serikat, Rowing Blazers mereproduksi desain sweater asli. Sweter akan kembali tersedia sejak 1994 silam.


Sweter asli yang dikenakan Putri Diana kini menjadi bagian dari koleksi permanen Museum Victoria & Albert. Tampilan Putri Diana kala itu akan kembali ditampilkan dalam serial The Crown pada bulan ini di Netflix.

Semasa hidupnya, Putri Diana kerap mengenakan sweter itu dalam beberapa kali kesempatan. Saking seringnya, kala itu pers hingga berspekulasi bahwa sweter menjadi bentuk ekspresi perasaan Diana mengenai posisinya di antara keluarga Kerajaan Inggris.

Joanna Osborne dan Sally Muir, dua orang di balik Warm & Wonderful, mengatakan bahwa sejak kemunculan Putri Diana, popularitas desain sweter itu dan selalu dikaitkan dengan Princess of Wales.

"Sebagai Princess of Wales, dia mengenakan sweter pada beberapa kesempatan lain, menimbulkan banyak komentar pers dan membuat desainnya sangat populer, tak hanya di Inggris, tapi di seluruh dunia," ujar mereka.

Tak main-main, sepanjang 1980-an, sweter domba Warm & Wonderful melanglang buana dari ke berbagai penjuru dunia setelah dikenakan Putri Diana.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK