Cara Membersihkan hingga Waktu yang Tepat Ganti Kasur

tim, CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 08:10 WIB
Untuk memperoleh tidur yang nyaman, pahami kebersihan dan usia kasur Anda. Untuk memperoleh tidur yang nyaman, pahami kebersihan dan usia kasur Anda. (iStock/Vera_Petrunina)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah hari yang melelahkan, beristirahat di tempat tidur yang nyaman tentu menjadi salah satu bentuk penebusan.

Selain kasur yang empuk, tempat tidur bersih juga menjadi salah satu kunci mendapatkan kenyamanan saat tidur.

Hanya saja, membersihkan tempat tidur kerap menjadi tugas yang sulit dan kurang menyenangkan.


Kendati demikian Anda tetap perlu perhatikan kebersihan tempat tidur Anda, baik untuk kenyamanan saat tidur hingga menghindari penyakit akibat kutu di kasur.

Sebagaimana dilansir dari Independent, berikut beberapa cara yang Anda bisa coba untuk membersihkan kasur serta tahu kapan waktu untuk menggantinya.

Seberapa sering harus membersihkan kasur?

Meskipun menghabiskan sepertiga dari hidup di tempat tidur, Anda mungkin tidak akan berpikir untuk membersihkan kasur sampai Anda menumpahkan sesuatu di atasnya.

Namun, Simon Williams, juru bicara dari National Bed Federation merekomendasikan agar kasur Anda divakum sebentar setiap enam bulan.

Bagaimana cara terbaik untuk membersihkan kasur?

Williams merekomendasikan untuk memercikkan kasur Anda dengan bubuk soda kue dan membiarkannya selama 30 menit, sebelum menyedot debu.

"Sebaiknya, Anda juga membalik kasur untuk membersihkan kedua sisi, meskipun kasur Anda adalah produk satu sisi," tambahnya.

Direktur Eve Sleep, Kate Dutton, kemudian menyarankan untuk menjalankan penyedot debu di bagian atas dan samping kasur dengan alat penghisap terpasang, lalu gunakan kain lembab dan penghilang noda.

"Penting untuk tidak merendam kasur dan hanya menggunakan kain lembab. Anda hanya perlu mengangin-anginkan kasur Anda setelahnya, jadi mungkin ada baiknya melakukan hal pertama ini di pagi hari," paparnya.

Bagaimana cara membersihkan noda dari kasur?

Menurut panduan situs web National Bed Federation, untuk membersihkan noda dari kasur Anda, noda seperti urine dapat dihilangkan menggunakan spons yang dibasahi dengan larutan dari deterjen lembut atau sampo jok.

Setelah itu, seka kasur dengan air dingin dan beberapa tetes antiseptik.

Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk muntah.

Bagaimana cara agar kasur tidak bau?

Agar tempat tidur Anda bebas bau, Williams menyarankan untuk memiliki sirkulasi udara yang bagus.
Rutin ganti seprai serta biarkan jendela terbuka agar udara segar bisa masuk dan semprotkan dengan penyegar kain.

Selain itu, Dutton menjelaskan pentingnya rangka tempat tidur Anda dalam memastikan kasur Anda tidak berbau.

"Ventilasi sangat penting, jadi rangka tempat tidur dengan bilah akan membantu sirkulasi udara di sekitar kasur Anda dan mencegah penumpukan kelembapan," katanya.

Seberapa sering harus membalik kasur?

Membalik kasur adalah kunci untuk memperpanjang masa pakai dan kenyamanan kasur. Namun, seberapa sering Anda membaliknya tergantung dari bahan pembuatnya.

Dutton berkata bahwa kasur pegas perlu dibalik secara teratur, sekitar enam bulan sekali.

Sementara kasur memori foam yang lebih modern (kombinasi pegas dan busa) tidak perlu dibalik, tetapi perlu diputar setiap bulan selama enam bulan pertama.

Kapan waktu yang tepat membeli kasur baru?

Aturan umumnya adalah setelah tujuh hingga delapan tahun penggunaan, tetapi Anda harus mempertimbangkan untuk membeli yang baru jika yang Anda saat ini kendur, berdecit, atau terlihat tidak sedap dipandang saat Anda mengganti seprai.

Akan tetapi, penting juga untuk menyadari efek fisik kasur saat Anda bangun.

Menurut Williams, Anda bisa membeli kasur yang baru jika tidak merasa segar atau bangun dengan rasa sakit dan nyeri atau jika Anda tidur lebih nyenyak di tempat tidur lainnya.

"Ini bukan hanya kondisi fisik kasur tetapi fakta bahwa kasur akan menyerap banyak kelembapan dan sisik kulit mati selama bertahun-tahun, menjadikannya tempat berkembang biak yang bagus untuk tungau debu rumah," kata Williams.

"Anda menggunakan kasur Anda selama sekitar tujuh hingga delapan jam setiap hari, tapi tetap berharap kasur berkinerja seperti baru setelah beberapa tahun, tentu tidak mungkin."

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK