Sosialisasi Prokes, Kemenparekraf Gandeng Komunitas Motorbaik

Kemenparekraf, CNN Indonesia | Minggu, 22/11/2020 09:45 WIB
Sosialisasi protokol kesehatan berbasis CHSE merupakan upaya Kemenparekraf mengembalikan kepercayaan masyarakat agar kembali berwisata #DiIndonesiaAja. Sosialisasi protokol kesehatan berbasis CHSE merupakan upaya Kemenparekraf mengembalikan kepercayaan masyarakat agar kembali berwisata #DiIndonesiaAja. (Foto: dok. CNN Indonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara sosialisasi panduan protokol kesehatan di Nusa Dua, Bali, pada Sabtu (14/11). Komunitas Motorbaik pun digandeng serta, lantaran dianggap mampu melakukan sosialisasi secara luas pada masyarakat.

Dari Borobudur, Yogyakarta ke Solo dan Banyuwangi, kampanye protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment) Kemenparekraf berakhir di Bali. Sejumlah selebriti seperti Gading Marten, Ananda Omesh, Imam Darto, serta Ferry Maryadi turut hadir dalam rangkaian sosialisasi bertajuk Motorism 2020.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Barekraf Nia Niscaya mengungkapkan, sosialisasi protokol kesehatan berbasis CHSE merupakan upaya untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat agar kembali berwisata #DiIndonesiaAja dengan rasa aman dan nyaman.


Salah satu caranya, kata Nia, adalah dengan menggandeng komunitas Motorbaik untuk melakukan touring ke tempat wisata dan merasakan langsung penerapan protokol kesehatan tersebut.

"Jadi mereka [peserta Motorbaik) berjalan di destinasi mulai Borobudur, Jogja, Solo, Semarang, kemudian Banyuwangi, dan Bali. Mereka mengalami sendiri, experiencing bagaimana protokol kesehatan itu diterapkan, dan ternyata testimoni mereka bahwa hal itu sudah diterapkan dengan baik," ujarnya.

Ia menegaskan, "Kalau kita mau melakukan perjalanan di tengah pandemi, jadilah traveller yang bertanggung jawab, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan."

Ananda Omesh menyatakan, penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata yang dikunjungi berjalan dengan baik. Ia mengaku merasa aman dan nyaman.

"[Penerapan protokol] luar biasa, sih. Berasa banget lah. Kita kan sekarang pakai mode bertahan, Ketika ngomongin protokol kesehatan, semua sudah luar biasa banget menurut saya, karena itu adalah salah satu cara untuk bertahan dari segi bisnis, bertahan dari segi kesehatan, dan itu menjadi hal yang wajib dimiliki agar orang mau datang berwisata," tutur Omesh.

Sosialisasi protokol kesehatan berbasis CHSE bersama Motorbaik ini diselenggarakan pada 9-15 November 2020. Kegiatan tersebut menjadi satu rangkaian dengan sosialisasi Program Indonesia Care, yakni sertifikasi implementasi protokol kesehatan bagi tempat wisata yang memastikan sanitasi, higienitas, dan pelayanan tanpa kontak langsung.

[Gambas:Youtube]

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK