Menyantap Ikan Segar Hasil Pancingan Sendiri di Pulau Seribu

Kemenparekraf, CNN Indonesia | Minggu, 22/11/2020 15:27 WIB
Menyegarkan jiwa dan pikiran di Kepulauan Seribu sangat mungkin dilakukan, sambil menyantap ikan segar hasil tangkapan sendiri. Menyegarkan jiwa dan pikiran di Kepulauan Seribu sangat mungkin dilakukan, sambil menyantap ikan segar hasil tangkapan sendiri. (Foto: dok. CNNIndonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berwisata #DiIndonesiaAja di Kepulauan Seribu tidak hanya menawarkan kegiatan snorkeling atau diving. Di masa pandemi, ada tren wisata memancing yang bisa dilakukan sambil menelusuri pulau-pulau Kepulauan Seribu yang cantik.

Spot terbaik untuk memancing di Kepulauan Seribu salah satunya di sekitar Pulau Pramuka. Area laut di pulau administratif ini tidak hanya menyuguhkan keindahan hamparan terumbu karang, tetapi juga menjadi rumah berbagai jenis ikan yang bisa dikonsumsi.

Melalui paket private trip yang ditawarkan pengelola wisata, pengunjung akan difasilitasi berbagai kebutuhan serta perlengkapan memancing. Mulai dari kapal cepat yang disterilkan dengan antiseptik, alat pancing seperti joran, umpan, mata kail, cool box, hingga pemandu lengkap disiapkan. Namun demi kesehatan, wisatawan dianjurkan membawa alat pancing sendiri.


Untuk yang belum terbiasa memancing, bisa latihan terlebih dahulu menggunakan joran sambil berimajinasi ikan yang tersangkut di ujung mata kail. Sesekali, Anda bisa menggunakan kail bermata ganda untuk mendapatkan dua ekor ikan sekaligus. Di antara berbagai jenis ikan yang ada, salah satu yang bisa jadi santapan siang adalah ikan kerapu yang beratnya bisa mencapai 3 kg.

Mencoba eksplor spot mancing lain, ada Pulau Tidung. Di sini wisatawan akan mendapatkan jenis ikan berbeda, yakni kakap merah. Tentunya, pengelola wisata di Pulau Seribu tetap menerapkan protokol kesehatan 3M seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Selain itu, wisatawan diwajibkan memastikan kondisi fisik yang sehat.

"Kita jangan hanya memancing, tetapi tidak melihat fisik," kata Agler, salah satu pemancing.

Setelah tenaga terkuras oleh keseruan kegiatan memancing di tengah laut, awak kapal akan membawa wisatawan menepi di pantai Pulau Tidung. Di sini, Anda bisa bersantai sambil membakar ikan hasil pancingan yang benar-benar segar.

Sementara jika ingin merasakan sensasi bersantap di atas laut, Kepulauan Seribu punya Nusa Resto, sebuah restoran terapung yang terletak tak jauh dari Pulau Pramuka. Di sini, berbagai macam menu seafood disediakan. Kesegarannya pun terjamin, sebab restoran yang dikelilingi pemandangan indah tersebut memiliki tambak sendiri.

Selain itu, wisatawan juga bisa memilih langsung menu santap seperti aneka jenis ikan, udang dan hewan laut lain yang tersedia di dalam akuarium. Dengan tema hamparan laut dan kehijauan pulau kecil di sekitarnya, Anda bisa mencoba rajungan saus padang atau bandeng laut bakar yang tidak hanya lezat, tetapi sekaligus segar.

Nusa Resto ditempuh tak sampai lima menit berlayar dari Pulau Pramuka. Pengelola wisata di tempat dipastikan telah menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment) sesuai anjuran pemerintah. Saat berwisata #DiIndonesiaAja, wisatawan diingatkan untuk tak hanya menjaga kesehatan diri, namun juga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

[Gambas:Youtube]

(gea/rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK