Jumlah Kadar Gula Darah Normal dan Cara Menjaganya

tim | CNN Indonesia
Senin, 23 Nov 2020 08:42 WIB
Menjaga kadar gula darah normal penting demi mempertahankan imun tubuh yang kuat. Lalu berapa jumlah kadar gula darah normal dan cara menjaganya? Kadar gula darah normal penting demi mempertahankan imun tubuh yang kuat. (iStockphoto/simonkr)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama pandemi Covid-19, sistem imun tubuh menjadi perhatian banyak orang. Menjaga kadar gula darah normal merupakan salah satu hal yang wajib dipenuhi demi mempertahankan imun tubuh yang kuat.

Lalu, berapa jumlah kadar gula darah normal?

Kadar gula darah yang normal adalah kurang dari 100 mg/dl.


Jika sudah memasuki 100-125 mg/dl, maka tergolong dalam pradiabetes. Sedangkan, di atas 125 mg/dl sudah dikategorikan sebagai diabetes.

Orang yang memiliki gula darah mendekati atau lebih dari 100 mg/dl harus mengubah gaya hidup sehat.

Terdapat beberapa cara untuk menekan kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol. Berikut cara menjaga kadar gula darah tetap normal.

Makan makanan yang sehat dengan banyak buah dan sayuran, menjaga berat badan yang sehat, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur semuanya dapat membantu. Pantau selalu kadar gula darah Anda untuk melihat apa yang membuatnya naik atau turun.

Tips lainnya termasuk, sebagaimana dilansir CDC.

1. Atur makanan Anda

Makan pada waktu yang teratur, dan jangan melewatkan waktu makan. Pilih makanan rendah kalori, lemak jenuh, lemak trans, gula, dan garam.

Dan untuk camilan manis, pilihlah buah.

Sebuah studi 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Obesity Weight Management & Control menemukan bahwa makan lebih banyak buah dan sayuran kaya serat - seperti pisang, beri, dan brokoli, dapat membantu menurunkan gula darah dan menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu, penting juga mengatur porsi makanan Anda. Gunakan metode piring: isi setengah piring Anda dengan sayuran tidak bertepung, seperempat dengan protein tanpa lemak, dan seperempat dengan biji-bijian atau makanan bertepung.

2. Perbanyak minum air

"Minum cukup air akan merehidrasi darah dan membantu ginjal kita membuang kelebihan gula dalam tubuh kita," kata Dr. Lina Velikova, seorang penulis medis yang mempelajari penyakit autoimun, sebagaimana dilansir Insider.

Ini adalah alternatif yang jauh lebih sehat untuk minuman lain, yang sering kali menambah gula berlebih.

Satu studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menemukan bahwa orang yang minum lebih dari 1 liter air sehari 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki gula darah tinggi dibandingkan mereka yang minum kurang dari setengah liter.

Sebagai referensi, asupan air yang disarankan adalah 1,6 liter untuk wanita dan 2 liter untuk pria, namun hal ini dapat bergantung pada berat badan. Baca lebih lanjut untuk mengetahui berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari. Selain itu, batasi minuman beralkohol.

3. Kelola stres

Tingkat stres juga dapat berdampak langsung pada gula darah. Saat Anda stres, hormon seperti kortisol meningkatkan kadar gula darah dan membuat tubuh Anda kurang efektif dalam menggunakan insulin.

"Makan sehat, berolahraga, dan minum cukup air adalah cara terbaik untuk menurunkan kadar gula darah tinggi," kata Velikova. "Namun, itu tidak akan cukup jika kita banyak stres."

Dia merekomendasikan untuk mengurangi stres dengan berolahraga, bermeditasi, atau membuat jurnal.

Selain beberapa cara tersebut, rutin berolahraga juga membantu Anda menjaga kadar gula darah normal.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER