Cara Mudah Merawat Tanaman Hias Calathea

tim, CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 11:38 WIB
Warna dan bentuk daun yang cantik membuat Calathea banyak dipilih menghiasi pekarangan hingga sudut ruangan. Berikut cara mudah merawat tanaman hias Calathea: Warna dan bentuk daun yang cantik membuat Calathea banyak dipilih menghiasi pekarangan hingga sudut ruangan. (iStockphoto/Achisatha Khamsuwan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman hias Calathea atau kalatea kini sedang naik daun. Warna dan bentuk daun yang cantik membuat Calathea banyak dipilih menghiasi pekarangan hingga sudut ruangan. Berikut cara mudah merawat tanaman hias Calathea.

Calathea adalah salah satu genus dari keluarga Marantaceae. Tanaman ini juga disebut sebagai Prayer plant atau tanaman doa.

Terdapat puluhan spesies genus Calathea. Beberapa yang populer di antaranya Calathea veitchiana 'Medallion' (Medallion calathea), Calathea lancifolia (Rattlesnake calathea), dan Calathea ornata (Pinstripe calathea).


Daun Calathea kerap digunakan di daerah tropis (kebanyakan Brasil) untuk kerajinan tangan dan pembungkus makanan.

Calathea identik dengan garis-garis berwarna pada daun yang seolah seperti lukisan. Berikut cara mudah merawat tanaman hias Calathea, sebagaimana dilansir The Sill:

1. Cahaya tidak langsung

Letakan tanaman hias Calathea pada cahaya tidak langsung dengan intensitas sedang hingga terang.

Beberapa bisa menerima cahaya rendah. Namun, jangan letakkan Calathea di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat tanaman ini mengering dan terbakar.

2. Penyiraman 1-2 kali seminggu

Siram Calathea 1-2 kali seminggu dan biarkan tanah mengering di antara penyiraman. Jika Calathea menerima cahaya lebih banyak, siram lebih sering.

3. Kelembapan tinggi

Calathea hidup lebih baik di kelembapan yang tinggi. Buat suhu udara dan juga media tanam Calathea lebih lembap.

4. Suhu udara terbaik

Suhu udara terbaik untuk Calathea adalah 18-30 derajat celcius.

5. Pupuk standar

Calathea tidak membutuhkan banyak pupuk. Cukup berikan pupuk tanaman rumahan standar agar daun semakin banyak.

6. Buang daun yang menguning

Jika terdapat daun yang mengering atau berwarna kuning maupun cokelat segera buang bagian tersebut agar tidak menjalar ke daun yang lain.

Cara merawat tanaman hias Calathea ini dapat Anda coba di rumah, selain menekuni hobi tanaman hias lain yang sedang tren

(ptj/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK