5 Tips Liburan 'Road Trip' Bareng Anak Bebas Drama

tim, CNN Indonesia | Jumat, 27/11/2020 18:52 WIB
Drama pergi bersama keluarga dan anak-anak mungkin salah satu yang tak bisa dihindari. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba agar pergi bebas drama. Ilustrasi. Drama pergi bersama keluarga dan anak-anak mungkin salah satu yang tak bisa dihindari. (mario0107/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masa pandemi Covid-19 menuntut untuk melakukan pembatasan sosial, termasuk bepergian menggunakan transportasi umum demi mencegah penularan.

Namun di tengah kejenuhan berada di rumah saja, liburan road trip dan staycation menjadi salah satu alternatif yang mulai dilakukan, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pilihan road trip dengan keluarga mungkin menjadi hal yang menyenangkan, apalagi liburan natal akan segera datang.


Namun, drama pergi bersama keluarga dan anak-anak mungkin salah satu yang tak bisa dihindari, mulai dari rewel menanyakan kapan sampai hingga mengeluhkan beberapa hal.

Untuk mengantisipasi hal itu, psikolog perkembangan, Bronwyn Charlton membagikan sejumlah persiapan yang bisa diterapkan selama road trip. Hal utama yang perlu diingat adalah menghindari tempat peristirahatan yang ramai, diuji untuk Covid-19 dan rencana untuk karantina begitu tiba di tujuan.

Berikut 5 tips road trip bareng keluarga bebas atau setidaknya mengurangi drama:

1. Libatkan dalam perencanaan

Charlton, yang juga salah satu pendiri grup sumber daya parenting Seedlings, mengatakan bahwa melibatkan anak-anak - bahkan anak-anak prasekolah - dalam perencanaan sebelumnya dapat membantu mengurangi kecemasan begitu mereka terjebak di dalam mobil.

Dia merekomendasikan untuk membuat jadwal visual, lengkap dengan orat-oret warna-warni yang menggambarkan hal-hal seperti camilan dan perhentian, untuk memberi mereka rasa kepemilikan.

"Sangat membantu bagi mereka untuk bahkan dapat menandai sesuatu, untuk menunjukkan bagaimana hari mereka berkembang menuju tujuan akhir berada di rumah Nenek atau ke mana pun Anda pergi," katanya.

2. Camilan

Pergi berkendara selama berjam-jam sudah pasti hal yang menjenuhkan bagi anak-anak. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan bekal penuh untuk mengisi kebosanan mereka. Siapkan beberapa camilan untuk menenangkan anak-anak yang rewel.

Menurut Charlton, makanan ringan yang yang mengandung proteinlah yang membantu menjaga suasana hati yang baik.

3. Beri keleluasaan bermain di tablet

Sehari-hari, mungkin Anda cukup ketat dalam hal pembatasan waktu bermain di tablet atau ponsel pintar. Namun kala bepergian seperti ini, Anda dapat memberi mereka keleluasaan untuk bermain.

Hal ini, cukup ampuh untuk mengatasi kebosanan anak-anak selama perjalanan.

4. Persiapkan toilet mini

Pergi ke tempat peristirahatan atau rest area mungkin cukup menakutkan di masa pandemi Covid-19 ini. Anda tak pernah tahu kondisi orang yang Anda temui di lokasi, apalagi dengan anak-anak Anda.

Seorang ibu menyarankan agar membawa toilet mini portabel yang biasa digunakan untuk latihan ke toilet khusus untuk anak-anak.

"Berbekal kantong plastik, tisu dan pembersih tangan, anak-anak bisa pipis hanya dengan menepi di pinggir jalan," katanya.

5. Alihkan perhatian

Buatlah interaksi dan kegiatan menarik di dalam mobil bersama anak-anak. Anda bisa mengajak mereka bercerita, mendengarkan musik bersama, dan cara-cara menyenangkan lainnya.

Jika ragu, buat anak Anda lelah sebelum pergi agar mengisi waktu dengan tidur selama perjalanan.

"Kami melakukan hal-hal seperti meminta anak-anak berlari ke sebuah pohon, lima lompatan ke pohon berikutnya, mengelilingi tanda itu, dan kemudian lari kembali," kata seorang ibu. "Hal-hal kecil seperti itu dapat membuat mereka sibuk selama 20 menit dan membuat mereka sangat lelah."

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK