Daftar 10 Mainan Berbahaya, Black Panther hingga Star Wars

tim, CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 15:05 WIB
Mainan cakar Black Panther hingga senjata dalam seri Star Wars, Mandalorian Darksaber, masuk daftar 10 mainan terburuk dan berbahaya 2020. Ilustrasi. Mainan Cakar Black Panther masuk daftar 10 mainan terburuk dan berbahaya 2020. (Dok: Marvel via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Organisasi World Against Toys Causing Harm Inc. (WATCH) mengumumkan daftar tahunan 10 mainan terburuk dan berbahaya, termasuk cakar yang terinspirasi dari karakter Marvel Black Panther hingga senjata dalam seri Star Wars, Mandalorian Darksaber.

Cakar Black Panther masuk dalam kategori karena berpotensi menyebabkan cedera pada wajah atau mata. Daftar itu dibuat berdasarkan faktor keamanan dari mainan tersebut.

"Meskipun dimaksudkan untuk kesenangan dan hiburan, banyak mainan mengandung bahaya tersembunyi yang bisa menempatkan anak-anak pada risiko cedera atau kematian," kata World Against Toys Causing Harm Inc. yang berbasis di Boston dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilansir AP.


Organisasi itu mengatakan bahwa kesadaran akan keamanan mainan ini sangat penting, mengingat banyak orangtua yang memilih mainan untuk menghibur anak mereka di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, sebentar lagi liburan Natal akan tiba.

"Yang mengejutkan, bahaya dari mainan klasik, seperti bagian kecil, tali, proyektil, zat beracun, bahan kaku, dan peringatan serta label yang tidak akurat, terus muncul kembali pada mainan generasi baru yang membahayakan anak-anak," kata organisasi itu.

Menurut data WATCH, ada sekitar 240 ribu cedera terkait mainan pada anak-anak setiap tahun dan seorang anak dibawa ke ruang gawat darurat setiap tiga menit karena cedera terkait mainan.

The Toy Association, yang mewakili produsen mainan, menyebut daftar WATCH memicu kekhawatiran.

"Secara hukum, semua mainan yang dijual di Amerika Serikat harus memenuhi tes dan standar keamanan yang ketat," kata asosiasi itu dalam sebuah pernyataan.

"Namun, WATCH tidak menguji mainan dalam laporannya untuk memeriksa keamanannya. Tuduhan mereka tampaknya didasarkan pada kesalahan penafsiran mereka tentang standar mainan wajib - dan prioritas yang diberikan industri mainan pada permainan yang aman dan menyenangkan."

Berikut daftar 10 mainan terburuk 2020 dan potensi bahayanya, menurut World Against Toys Causing Harm Inc.

1. Calico Critters Nursery Friends

Potensi bahaya tersedak.

2. Missile Launcher

Berpotensi menyebabkan cedera mata dan wajah.

3. Marvel Avengers Vibranium Power FX Claw

Berpotensi menyebabkan cedera mata dan wajah.

4. Gloria Owl

Berpotensi tertelan

5. WWE Jumbo Superstar Fists

Potensi cedera tumpul dan benturan.

6. Sci-Fi Slime

Potensi cedera terkait bahan kimia.

7. Boomerang Interactive Stunt UFO

Potensi cedera terkait baling-baling.

8. Boom City Racers

Berpotensi menyebabkan cedera mata dan wajah.

9. My Sweet Love Lots of Love Babies Minis

Potensi bahaya tersedak.

10. Star Wars Mandalorian Darksaber

Potensi cedera benda tumpul dan mengenai mata.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK