Tips Memasak Lobster yang Perlu Diketahui

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 13:50 WIB
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memasak lobster. Berikut tips memasak lobster. Ilustrasi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memasak lobster. (duybox/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lobster kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memasak lobster. Berikut tips memasak lobster.

Mengutip Very Well Fit, dalam 145 gram lobster terkandung 27,6 gram protein, 1,3 gram lemak (perpaduan lemak jenuh dan tak jenuh), serta 129 kalori.

Anda bisa mengolah lobster jadi beragam jenis menu masakan. Agar olahan lobster Anda sempurna, ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan.


1. Pilih lobster

Biasanya ada dua pilihan lobster yakni lobster hidup atau lobster dalam kondisi sudah dibekukan. Anda bisa memilih satu di antara keduanya.

Kesegaran lobster hidup memang terjamin. Lobster hidup umumnya akan berwarna biru kehijauan.

Jika Anda membeli yang sudah dibekukan, perhatikan kondisi daging. Mengutip laman AWG Private Chefs, hindari lobster yang warna dagingnya sudah berubah. Misalnya, daging yang awalnya putih menjadi kehijauan atau kekuningan.

Hindari pula lobster yang diberi label 'enhanced' (diperkaya), 'extra moist' (ekstra lembap), atau 'water added' ( dengan tambahan air). Ini hanya ulah produsen yang menambahkan garam agar lobster jadi lebih berbobot.

2. Thawing

Berbeda dengan lobster hidup dan dibunuh saat akan dimasak, perlakuan untuk lobster beku akan berbeda. Anda terlebih dahulu harus 'melelehkan' lobster dengan cara thawing. Dari freezer, lobster sebaiknya diletakkan di chiller yang suhunya lebih tinggi selama semalam suntuk.

Selain itu, Anda juga bisa mencairkannya dengan cara direndam di air dingin. Jangan gunakan air panas karena bisa menciptakan lingkungan yang baik bagi bakteri berkembang biak.

3. Rebus

Mengutip dari Great British Chefs, setelah lobster siap, biasanya dilanjutkan dengan proses perebusan. Siapkan air menyesuaikan dengan ukuran lobster dan garam secukupnya. Setelah mendidih, masukkan lobster. Untuk lobster dengan berat 500 gram, rebus selama sekitar 4 menit.

Setelah matang, lobster bisa disajikan dengan butter leleh dan sayuran pelengkap seperti wortel rebus juga kentang tumbuk (mashed potato).

4. Bakar atau panggang

Alternatif lain untuk mengolah lobster adalah dengan membakar atau memanggang. Cara ini sering diterapkan untuk bagian ekor yang berdaging tebal.

Proses pemanggangan bisa memakan waktu 8-10 menit. Setelah matang, cangkang lobster akan berubah menjadi kemerahan dan muncul jus (juice) daging di antara cangkang.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK