Jawaban Lengkap dari Pertanyaan Seputar Musim Salju di Korea

CNN Indonesia | Sabtu, 28/11/2020 13:02 WIB
Berikut jawaban lengkap dari sejumlah pertanyaan yang kerap ditanya turis yang bisa menjadi tips dan panduan wisata musim dingin di Korea Selatan. Pemandangan Taman Nasional Bukhansan di Seoul, Korea Selatan, saat musim dingin. (iStockphoto/Atakorn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Selatan tak hanya populer dengan K-Pop maupun K-Drama. Negeri Ginseng ini juga memiliki beragam destinasi wisata salju yang menarik didatangi saat musim dingin.

Berikut jawaban lengkap dari sejumlah pertanyaan yang kerap ditanya turis seputar musim salju di Korea Selatan:

1. Apakah salju turun di Korea Selatan?

Iya, salju turun di Korea Selatan saat musim dingin. Namun, sulit diprediksi tempat dan waktu pasti salju turun di Korea Selatan.


Beberapa tahun terakhir salju pertama di musim dingin turun di bulan November. Intensitas salju paling sering terjadi di akhir Desember, sepanjang Januari, dan Februari.

Salju bahkan turun hingga pertengahan Maret di Seoul dan beberapa daerah lainnya di Korea Selatan.

2. Apakah salju turun di seluruh wilayah Korea Selatan?

Iya, salju turun di sepanjang wilayah Korea Selatan selama musim dingin. Salju turun di utara Korea seperti Seoul hingga Busan dan Pulau Jeju, wilayah paling selatan di Korea.

Tempat terbaik untuk melihat salju di Korea Selatan adalah di wilayah utara seperti Pyeongchang yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018 dan Provinsi Gangwon.

Namun, salju di wilayah selatan juga tak bisa dianggap remeh. Di Pulau Jeju, turis bisa melihat keindahan salju di seluruh pulau.

Salah satu atraksi yang paling menarik adalah mendaki Gunung Hallasan yang diselimuti salju. Jalur pendakian yang dipenuhi es terasa semakin menantang.

Namun, kelegaan akan terbayar saat sampai di puncak tertinggi di Korea Selatan itu dan melihat keindahan kawah.

3. Seberapa dingin suhu udara saat musim dingin di Korea Selatan?

Cuaca akan terasa dingin sepanjang musim dingin di Korea selatan. Suhu udara terendah biasanya terjadi saat bulan Januari dan Februari, ketika salju turun paling banyak.

Suhu akan turun drastis di musim dingin, bahkan dapat mencapai di bawah nol derajat Celcius ketika malam hari.

Dikutip dari situs cuaca Weather Atlas, rata-rata suhu udara saat musim dingin di Korea -6 derajat Celcius dan sering mencapai -18 derajat Celcius.

[Gambas:Instagram]



4. Bagaimana cara menikmati salju di Seoul?

Turis bisa menikmati salju di Seoul dan berbagai wilayah lainnya di Korea dengan cara yang aman dan menyenangkan.

Tempat umum seperti transportasi publik, museum, hotel, dan restoran sudah menyediakan pemanas ruangan yang membuat pengunjung hangat selama musim dingin.

Saat beraktivitas di luar ruangan, gunakan pakaian yang hangat. Heat pack juga bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh selama di perjalanan.

Jika mengunjungi sejumlah tempat yang ber-es seperti mendaki Gunung Hallasan gunakan crampon untuk mencegah terpeleset.

Saat musim dingin, konsumsi lebih banyak air untuk mencegah dehidrasi. Aplikasikan pula losion pelembap dan lip balm untuk mencegah kulit kering. Pasalnya, cuaca yang dingin sangat kering selama musim dingin.

5. Di mana tempat menginap untuk melihat salju?

Berikut sejumlah rekomendasi tempat menginap di Korea Selatan dari Joel's Travel Tips:

- Myeongdong, Seoul

Myeongdong terletak di jantung kota Seoul yang memiliki banyak pasar, toko, dan restoran. Myeongdong juga dekat dengan istana kerajaan dan Menara N Seoul. Beberapa tempat menginap yang bisa dipilih diantaranya Myeongdong K Stay 2, L7 Myeongdong by Lotte, dan Lotte Hotel Seoul.

- Gangnam, Seoul

Gangnam juga bisa menjadi pilihan tempat menginap. Di distrik ini tersedia banyak mal dan tempat perbelanjaan mewah. Beberapa pilihan tempat menginap diantaranya Mercure Ambassador Seoul Gangnam Sodowe dan Park Hyatt Seoul.

- Haeundae, Busan

Haeundae memiliki pantai yang indah yang ramai hingga malam hari. Kafe-kafe kekinian hingga jajanan di pasar tradisional banyak tersedia di Haeundae. Beberapa pilihan tempat menginap adalah Toyoko Inn Haeundae No 2, Arban Hotel, dan Paradise Hotel Busan.

- Seomyeon

Seomyeon berada jauh dari pantai, tapi sangat strategis karena dekat dengan dua jalur utama kereta bawah tanah. Beberapa pilihan hotel diantaranya Uniqstay Bed & Breakfasr, Arban Hotel, dan Lotte Hotel Busan.

[Gambas:Instagram]



(ptj/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK