Mengenal Antioksidan: Manfaat, Cara Kerja, Sumber Makanan

tim, CNN Indonesia | Jumat, 27/11/2020 09:38 WIB
Antioksidan adalah nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Antioksidan adalah nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. (ImagesBG/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Antioksidan adalah nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Apa itu antioksidan?

Antioksidan adalah substansi atau senyawa yang bekerja melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Tubuh memproduksi antioksidan dalam jumlah tertentu untuk melawan berbagai radikal bebas.

"Tubuh kita sebenarnya memproduksi antioksidan, tapi dalam jumlah yang sedikit," kata dokter Inggrid Tania dalam konferensi pers Herbatia, Kamis (26/11)


Selain diproduksi tubuh, antioksidan juga terdapat dalam makanan bernutrisi tinggi.

Sumber makanan berantioksidan

Antioksidan banyak terdapat di dalam sayur, buah, herbal, dan rempah-rempah.

"Setiap sayur, buah, herbal, dan rempah-rempah umumnya memiliki senyawa antioksidan," tutur Tania.

Setiap sayur, buah, herbal, dan rempah-rempah mengandung jenis antioksidan yang berbeda. Misalnya, flavonoid, tanin, lignan, fenol, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Setiap orang direkomendasikan untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap hari untuk mendapat manfaat antioksidan. Suplemen tambahan juga bisa dikonsumsi.

Cara kerja antioksidan

Antioksidan bekerja dengan melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang menyerang. Radikal bebas terbentuk dari paparan tubuh terhadap suatu zat atau kondisi yang membahayakan seperti sinar matahari, bahan kimia, polusi, stres, merokok, junk food, alkohol, dan kurang istirahat

Paparan ini menciptakan molekul yang mengambil elektron sel-sel normal. Akibatnya, sel menjadi tidak stabil dan mengalami kerusakan. Dalam waktu yang lama, kerusakan sel dapat menyebabkan kerusakan organ yang menimbulkan penyakit.

Antioksidan bekerja dengan melawan radikal bebas tersebut. Antioksidan juga bisa mengembalikan elektron pada sel yang tidak stabil. Sehingga kerusakan organ bisa dicegah.

"Antioksidan membuat molekul menjadi stabil. Begitu proses kimianya. Tidak hanya kerusakan, tapi proses penuaan, dan penyakit degeneratif bisa dicegah," ucap Inggrid yang merupakan ketua Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI).

Manfaat antioksidan

Nutrisi antioksidan memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat antioksidan.
1. Menangkal radikal bebas
2. Mencegah kerusakan sel dan kerusakan organ
3. Mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal
4. Mencegah penuaan dini
5. Meningkatkan daya tahan tubuh.

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK