Dior Tuai Kecaman karena Iklan Parfum Johnny Depp

tim, CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 12:23 WIB
Dior tuai kecaman usai menyuguhkan iklan parfum yang dibintangi Johnny Depp, yang belakangan sedang berhadapan dengan sejumlah permasalahan hukum. Dior menuai kecaman usai menampilkan tayangan iklan parfum yang dibintangi Johnny Depp. (AFP Photo / Max Nash)
Jakarta, CNN Indonesia --

Brand asal Prancis, Dior menuai kecaman usai menampilkan tayangan iklan parfum yang dibintangi Johnny Depp, yang belakangan sedang menghadapi permasalahan hukum dengan mantan istrinya, Amber Heard.

Menurut laporan, iklan tersebut tayang di Inggris di sela waktu penayangan episode The Great British Bake Off awal pekan lalu. Dalam iklan itu, Depp tampak memainkan gitar listrik.

Seorang juru bicara Advertising Standards Authority - yang mengatur iklan di Inggris - mengatakan bahwa setelah iklan Dior Depp ditayangkan, ia menerima 11 keluhan dari pemirsa yang semuanya terkait dengan kehadiran Depp dalam iklan tersebut.


"Kami telah menerima total 11 keluhan tentang iklan ini, dengan penggugat meyakini bahwa Johnny Depp tidak boleh ada dalam iklan karena rincian terkait kasus pengadilannya baru-baru ini," kata juru bicara Advertising Standards Authority kepada The Guardian.

Pada awal November lalu, Johnny Depp kalah dalam gugatan pencemaran nama baik yang dilayangkan terhadap tabloid The Sun.

Tabloid asal Inggris itu memberitakan Johnny Depp terlibat kekerasan fisik terhadap Amber Heard yang mencuat ke publik awal tahun ini. Dalam headline tersebut, The Sun menjuluki Johnny Depp sebagai 'pemukul istri'.

Selain itu, selama beberapa tahun terakhir ia terlibat kasus kekerasan terhadap sang mantan istri, Amber Heard. Kronologi lengkap kasus tersebut bisa dilihat di sini.

Sementara iklan tersebut menuai kritik dari beberapa pemirsa, pendukung Depp tampaknya melihat iklan Dior sebagai kemenangan bagi aktor yang baru-baru ini diminta keluar dari proyek film Fantastic Beasts.

Penggemar Depp turun ke Twitter pada akhir pekan lalu untuk membagikan tagar #JusticeForJohnnyDepp dan memuji Dior karena tidak mencabut aktor tersebut sebagai bintang iklan mereka.

Kecaman ini bukan kali pertama yang Dior dapatkan karena iklan yang dibintangi Depp.

Pada 2019, sebuah iklan untuk Dior's Sauvage yang juga dibintangi Depp mendapat reaksi keras - tetapi bukan karena menampilkan aktor tersebut. Dior menarik iklan tersebut setelah orang-orang mengkritiknya karena diduga memasukkan penggambaran stereotip penduduk asli Amerika.

Depp kemudian buka suara terkait kontroversi iklan tersebut ke Hollywood Reporter.

"Film itu dibuat dengan sangat menghormati penduduk asli, tidak hanya di Amerika Utara tetapi di seluruh dunia," kata aktor itu pada 2019.

Sejauh ini, Dior belum memberikan tanggapan terkait kontroversi iklannya kembali yang dibintangi Depp.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK