Bunga Kupu-kupu, Ide Tanaman Hias dengan Rona Ungu Menawan

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 11/12/2020 06:49 WIB
Daun tanaman Oxalis triangularis yang menyerupai sayap kupu-kupu berwarna ungu menawan akan menutup di malam hari dan mekar terbuka di pagi hari. Ilustrasi. Daun tanaman Oxalis triangularis yang menyerupai sayap kupu-kupu berwarna ungu menawan akan menutup di malam hari dan mekar terbuka di pagi hari. (iStockphoto/Aleksandr Pavlov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman hias bukan sekadar Aglonema, Monstera, dan janda bolong. Di luar itu, ada banyak tanaman hias lain yang tak kalah menawan. Tengok saja bunga kupu-kupu atau tanaman dengan nama ilmiah Oxalis triangularis.

Sifatnya yang tidak rewel membuat Oxalis disukai para pecinta tanaman hias. Bunga yang juga dikenal dengan sebutan 'tanaman cinta' ini juga bahkan dikenal sangat produktif. Meski berkembang secara lambat, tapi tanaman mudah menjalar ke berbagai sisi.

Belum lagi daun-daunnya yang berwarna ungu, memberikan kesan elegan pada tanaman. Bunganya sekilas terlihat mirip seperti anggrek berbentuk terompet kecil menjuntai ke bawah yang mengeluarkan aroma harum menyegarkan.


Tak cuma itu, keistimewaan lain dari tanaman ini adalah bentuk daunnya yang menyerupai sayap kupu-kupu.

Sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya yang dimiliki membuat daun Oxalis akan menutup dengan sendirinya di malam hari, seperti kupu-kupu yang sedang terdiam meringkuk. Sementara di siang hari, daun Oxalis akan kembali mekar dan terbuka seperti bangun dari tidur.

Oxalis sendiri merupakan tanaman hias yang berasal dari negara tropis di kawasan Amerika Selatan dan Asia Selatan. Sebagai tanaman tropis, Oxalis dapat tumbuh sempurna pada suhu 15-25 derajat Celcius.

Penting untuk meletakkan Oxalis di tempat yang terkena cahaya matahari. Di udara terbuka, bunga ini akan mekar terus-menerus.

Cara Merawat Tanaman Hias Oxalis

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK