Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Lengkap dengan Arti

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 04/12/2020 20:20 WIB
Umat muslim dianjurkan berdoa sebelum melakukan aktivitas apa pun, termasuk makan. Berikut doa sebelum dan sesudah makan lengkap dengan artinya. Ilustrasi: Umat muslim dianjurkan berdoa sebelum melakuka aktivitas apapun, termasuk makan. Artikel ini membahas doa sebelum dan sesudah makan. (Foto: iStockphoto/ferlistockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berdoa dalam setiap aktivitas sehari-hari diajarkan oleh sebagian besar orang tua kepada anaknya, termasuk doa sebelum dan sesudah makan.

Dengan berdoa, umat Muslim diharapkan mendapatkan keberkahan atas apa yang dimakan dan terhindar dari apa yang membahayakan di akhirat. Selain itu, berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan bentuk syukur manusia kepada Allah SWT.

Selain itu, Islam juga mengajarkan tata cara makan yang baik dan benar, seperti menggunakan tangan kanan, dan duduk ketika makan. Dalam hadits riwayat 'Aisyah radhiyallahu 'anha, Rasulullah SAW bersabda, membaca doa sebelum makan adalah seperti berikut:


إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Artinya: "Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: "Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)"." (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858.)

Doa sebelum Makan

Ilustrasi makan di restoranFoto: Jay Wennington
Ilustrasi doa sebelum makan

Selain membaca Bismillah, ada pula doa sebelum dan sesudah makan sesuai dengan sunnah, berikut bacaan doa sebelum makan yang kerap digunakan umat Muslim kebanyakan:

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ باسم اللَّهِ

"Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar"

Artinya: "Ya Allah berkahilah rizki yang telah Engkau berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa Neraka, Bismillah.."

Doa Ketika Lupa Berdoa di Tengah Makan

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis di atas, "Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala". Jika seseorang lupa berdoa dan menyebut nama Allah SWT sebelum makan, hendaklah ia mengucapkan:

"Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu(dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)"

Hadis ini memerintahkan ketika seseorang lupa membaca "bismillah" di awal, hendaklah ia membaca "Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu".

Warga makan dan minum gratis dengan tetap menjaga jarak di Jalan Basuki Rachmat, Jakarta Timur, Rabu, 29 Juli 2020. Makan gratis dimulai hari Senin hingga Jumat, pukul 12.00 sampai 14.00 WIB. Sebanyak 100-140 porsi makan siang gratis disediakan setiapharinya. Protokol kesehatan Covid-19 juga dilakukan selama makan gratis di tempat tersebut. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)Di mana pun tempatnya, umat muslim dianjurkan membaca doa sebelum dan sesudah makan. (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Doa sesudah Makan

Berdasarkan hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW mencontohkan pengucapan "Alhamdulillah" apabila sesudah makan. Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah Ta'ala sangat menyukai kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum."

Adapun doa lainnya dapat dipanjatkan setelah mengucap Alhamdulillah.

Berikut doa sesudah makan:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja'alanaa minal muslimiin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim."

Itulah doa sebelum dan sesudah makan. Semoga Allah SWT memberikan berkah, kenikmatan, dan perlindungan bagi para umat yang taat padaNya.

(cha/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK