Nodeul, 'Sepotong' Pulau Buatan Lokasi Sandbox di 'Start-Up'

CNN Indonesia | Sabtu, 12/12/2020 07:55 WIB
Pulau Nodeul ialah pulau buatan yang dibangun guna menancapkan tiang pancang pembangunan Jembatan Hangang. Salah satu adegan dalam serial drama Korea Start-Up. (dok. tvN/Netflix via Hancinema)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penggemar serial drama Korea Start-Up - dan pastinya Kim Seon-ho, pasti akrab dengan Sandbox, nama perusahaan yang menjadi salah satu lokasi dalam kisah tersebut.

Pemilihan lokasi Sandbox yang berdiri di atas pulau kecil semakin memberi kesan futuristik perusahaan teknologi itu. 

Syuting adegan di Sandbox dilakukan di Pulau Nodeul, pulau buatan yang berada dekat kawasan bisnis Seoul, Yeouido.


Sementara pengambilan gambar gedung kantornya berlokasi di Oil Tank Culture Park, Seoul.

Pulau buatan ini dikelilingi oleh Sungai Han dan pepohonan. Pembangunannya ditujukan sebagai lokasi bisnis, wisata, serta ruang seni budaya penduduk Negara Ginseng.

Mengutip VisitSeoul.net, dulu kala ada Jembatan Indo yang melintasi Sungai Han, menyambungkan kawasan Yongsan dan Noryangjin yang ada di sebelahnya.

Namun saat Perang Korea, militer Amerika Serikat menghancurkan jembatan tersebut untuk mencegah Korea Utara menggunakannya.

Usai perang, pemerintah Korea Selatan membangun pulau buatan yang diberi nama Nodeul untuk menancapkan tiang pancang pembangunan Jembatan Hangang.

Lama menjadi lahan tak terurus, proyek pengembangan Pulau Nodeul dimulai oleh Urban Transformer sejak 2018, setelah memenangkan tender dari pemerintah kota Seoul pada 2015.

Pulau Nodeul resmi dibuka untuk publik sejak September 2019.

Turis yang berkunjung ke sini bisa piknik di taman atau kongko di kedai kopi yang ada di sekitarnya.

Dari tengah pulau, turis juga bakal melihat gedung-gedung tinggi yang ada di Yeouido, seperti Lotte World Tower, Seoul Tower, dan 63 Square Building.

Selain serial drama Star-Up, Pulau Nodeul juga sering menjadi lokasi syuting film dan acara televisi Korea, salah satunya Running Man.

Syuting klip BTS saat tampil membawakan lagu Dynamite untuk MTV VMA juga mengambil pemandangan pulau ini.

Sebelum pandemi virus Corona melanda dunia, Pulau Nodeul sering mengadakan pameran seni dan panggung musik, terutama saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Jika berkesempatan mengunjungi Korea Selatan usai pandemi virus Covid-19, jangan lupa mampir ke Pulau Nodeul.

Akses transportasi ke Pulau Nodeul bisa menggunakan kereta dengan turun di Yongsan Station (subway line 1) exit 1, Sinyongsan Station (subway line 4) exit 3, atau Nodeul Station (subway line 9) exit 2, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki.

[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]




(ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK