Penyebab Komedo Putih: Minyak Wajah sampai Puber

tim, CNN Indonesia | Rabu, 16/12/2020 08:53 WIB
Sudah berapa lama Anda tak melakukan perawatan wajah karena pandemi virus corona? Awas penyebab komedo putih mungkin sudah menumpuk dan siap menyebabkan jerawat Sudah berapa lama Anda tak melakukan perawatan wajah karena pandemi virus corona? Awas penyebab komedo putih mungkin sudah menumpuk dan siap menyebabkan jerawat ( Istockphoto/VladimirFLoyd)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sudah berapa lama Anda tak melakukan perawatan wajah karena pandemi virus corona? Awas penyebab komedo putih mungkin sudah menumpuk dan siap menyebabkan jerawat.

Komedo putih ditandai ketika minyak di wajah terperangkap, atau saat ada bakteri dan sel kulit mati menyumbat pori-pori.

Mengutip berbagai sumber, David Lortscher, MD, dokter kulit bersertifikat, paparan sinar matahari yang berlebihan juga merupakan penyebab utama komedo dan komedo putih.


Penyebab komedo putih biasanya karena pori-pori yang tersumbat.

Salah satu penyebab pori-pori tersumbat adalah perubahan hormonal yang merupakan pemicu umum timbulnya jerawat. Tahapan kehidupan tertentu dapat meningkatkan jumlah sebum, atau minyak, yang diproduksi pori-pori Anda. Produksi minyak yang meningkat menyebabkan pori-pori tersumbat dan komedo putih.

Tahapan ini meliputi, masa puber, haid, kehamilan, dan penggunaan kontrasepsi tertentu yang mengandung progesteron.

Kontrasepsi tertentu yang hanya mengandung progesteron juga dapat meningkatkan kadar hormon dan menyebabkan munculnya jerawat pada wanita. Demikian pula, beberapa wanita memperhatikan lebih banyak jerawat selama tahap tertentu dari siklus menstruasi mereka setelah mereka berhenti minum pil KB.

Penelitian lain juga menemukan bahwa gen juga berpengaruh pada munculnya komedo putih dan jerawat.

Komedo putih biasanya muncul di hidung dan juga dahi. Selain itu, komedo putih juga dapat muncul di area di mana Anda mengalami banyak gesekan, seperti pada dagu dari tali dagu pada perlengkapan atletik.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK