Kisah di Balik Foto KTP 'Ngakak' yang Viral di Media Sosial

tim, CNN Indonesia | Rabu, 16/12/2020 15:03 WIB
Beberapa waktu lalu viral di TikTok seorang wanita yang punya foto KTP sedang tertawa lebar alias ngakak. Ini cerita di baliknya. Beberapa waktu lalu viral di TikTok seorang wanita yang punya foto KTP sedang tertawa lebar alias ngakak. Ini cerita di baliknya. (Arsip pribadi Nadila via detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rata-rata perempuan tak suka dengan foto KTP-nya. Bisa jadi karena terlalu kaku atau tak cantik. Namun beberapa waktu lalu viral di TikTok seorang wanita yang punya foto KTP sedang tertawa lebar alias ngakak.

Kok bisa? Seharusnya foto KTP adalah foto yang formal dan cenderung kaku. Senyum pun harus diirit-irit agar diizinkan petugas.

Hingga Selasa (15/12/2020) video itu sudah ditonton lebih dari 2,3 juta kali, mendapat 312 ribu likes dan 11 ribu komentar di TikTok.


Warganet pun penasaran bagaimana Nadila Suhendar, pemilik akun @naddd bisa punya foto KTP seperti itu.

"Awalnya kaget dan sedikit agak risih bisa sampai viral. Tapi ya udah lah sudah kesebar ke mana-mana juga. Sudah minta ditake down sana-sini masih banyak yang repost, ya udah namanya juga socmed," ungkap Nadila

Perempuan 19 tahun itu mengatakan bahwa foto tersebut terjadi karena sebuah ketidaksengajaan.
"Jadi awalnya aku ditemenin kakak aku buat bikin KTP ke Dinas Kependudukan (Disduk). Pas aku lagi difoto kakak aku ngajak becanda dan nggak sengaja kefoto di saat lagi ketawa" ujarnya.

Saat itu, dia langsung minta untuk difoto ulang. Kali ini dengan gaya yang formal seperti foto KTP pada umumnya.

Hanya saja, ketika KTP nya sudah dicetak, dia pun kaget. Pasalnya foto yang pakai adalah foto dirinya yang tengah tertawa lebar. Dia pun meminta untuk diganti, namun saat itu, ucap dia, petugas pembuat KTP mengatakan tak perlu diganti.

"Tapi setelah viral petugas Disduk langsung manggil saya buat nawarin ganti foto KTP. Dan saya pun menggantinya tadi."

"Tapi kalau data di pusat KTP saya fotonya masih yang ketawa itu, yang ganti cuma di kartunyanya saja. Dan kenapa saya ingin ganti foto KTP meskipun di pusatnya akan tetap sama? Karena saya takut orang lain salah paham dan menyalahkan orang yang dulu fotoin saya," jelasnya lengkap.

KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL SELANJUTNYA

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK