Sauna Finlandia Masuk Daftar Warisan Takbenda UNESCO

tim, CNN Indonesia | Jumat, 18/12/2020 19:00 WIB
Kegemaran orang Finlandia untuk bersantai di ruangan berisi uap panas yang terik pada hari Kamis dimasukkan dalam daftar warisan takbenda dunia oleh PBB. Sauna di Finlandia (Istockphoto/ Sami Auvinen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kegemaran orang Finlandia untuk bersantai di ruangan berisi uap panas yang terik pada hari Kamis dimasukkan dalam daftar warisan takbenda dunia oleh PBB.

Dengan perkiraan tiga juta sauna untuk 5,5 juta orang, pemandian uap adalah institusi tradisional Finlandia yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

"Budaya sauna di Finlandia merupakan bagian integral dari kehidupan mayoritas penduduk Finlandia," kata badan PBB itu dikutip dari AFP.


Budaya "melibatkan lebih dari sekedar mencuci diri sendiri. Di sauna, orang membersihkan tubuh dan pikiran mereka dan merangkul rasa kedamaian batin", kata UNESCO. Di Finlandia, sauna ada di mana-mana, blok flat dan di kolam renang, di mana para pecinta sauna sering berkumpul dalam keadaan telanjang di suhu sekitar 85 derajat Celcius.

Selama bertahun-tahun, para pemimpin Finlandia secara teratur mengundang rekan-rekan mereka dan pejabat asing ke sauna untuk melanjutkan diskusi, dan "diplomasi sauna" presiden Perang Dingin Urho Kekkonen menjadi batu kunci hubungan Finlandia dengan tetangganya, Rusia, Soviet.

Di musim dingin, sauna sering kali diikuti dengan berenang di dalam lubang es di salah satu dari ribuan danau di Finlandia, sebuah ritual yang menurut banyak penggemar sauna dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mental.

Kontemplasi yang seringkali hening di dalam sauna, sendirian atau bersama orang lain, merupakan ritual sakral bagi orang Finlandia.

Secara tradisional, sauna juga menjadi tempat di mana kehidupan dimulai dan berakhir - hingga tahun 1940-an wanita pedesaan sering melahirkan di sana, sebagai satu-satunya tempat di rumah dengan air panas dan privasi, dan sauna adalah tempat upacara kematian.

Istilah "sauna" adalah salah satu dari sedikit kata dari bahasa Finlandia yang terkenal tidak dikenal untuk digunakan secara internasional, dan nama tersebut diperkirakan awalnya mengacu pada batu panas yang di atasnya air dilemparkan untuk menghasilkan uap.

Selama 11 tahun, Finlandia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia ketahanan sauna meskipun ditinggalkan pada 2010 setelah kematian seorang pesaing dalam suhu 110 derajat.

Namun pada tahun 2019, negara tersebut berhasil merebut kembali rekor dunia dari China untuk jumlah kebangsaan tertinggi dalam satu sauna, ketika para pemandian dari 101 negara yang berbeda masuk ke pemandian uap yang sangat besar di ibu kota Helsinki.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK