Mengenal Sindrom Tourette yang Diidap Billie Eilish

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 18/12/2020 21:29 WIB
Penyanyi Billie Eilish mengaku sejak lama berjuang dengan sindrom Tourette. Apa itu sindrom Tourette? Ilustrasi. Penyanyi Billie Eilish mengaku sejak lama berjuang dengan sindrom Tourette. (FREDERIC J. BROWN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyanyi Billie Eilish mengaku telah sejak lama berjuang dengan sindrom Tourette. Diidap sejak kecil, gangguan ini bahkan sempat membuatnya enggan untuk tampil di muka publik.

Apa itu sindrom Tourette?

Sindrom Tourette merupakan kondisi yang berkaitan dengan sistem saraf. Sindrom ini menyebabkan para pengidapnya mengalami gejala tics berupa gerakan atau suara berulang yang tak terkendali.


Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti sindrom Tourette. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa sindrom ini merupakan kondisi genetik yang diturunkan dari orang tua ke anak.

Gejala sindrom Tourette yang Diidap Billie Eilish

Menurut CDC, gejala utama sindrom Tourette adalah tics.

Tics adalah kondisi berulang yang muncul pada tubuh seseorang di luar kendali, dapat berupa kedutan, gerakan, atau suara tiba-tiba. Orang dengan sindrom Tourette tak bisa menghentikan gerakan berulang tersebut. Misalnya, orang tersebut berkedip terus menerus atau membuat suara mendengus terus menerus.

Gejala sindrom Tourette biasa mulai muncul saat usia anak-anak dari 5-10 tahun. Gejala pertama yang sering muncul adalah tics motorik yang biasanya terjadi di daerah kepala dan leher.

Gejala tics ini biasanya memburuk dalam kondisi stres atau menyenangkan. Gejala akan membaik ketika pengidapnya tenang atau fokus pada suatu aktivitas.

Gejala ini bisa membaik atau sebaliknya menjadi kronis saat dewasa.

Pengobatan sindrom Tourette

Hingga saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan sindrom Tourette. Namun, tersedia beberapa pengobatan dan perawatan untuk mengelola gejala tics yang muncul.

(ptj/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK