Pelantikan: 5 Menteri Berjas Hitam, Risma Berkebaya Merah

tim, CNN Indonesia | Rabu, 23/12/2020 09:43 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik menteri baru Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/12). Lima menteri pria memakai jas hitam dan Risma memilih berkebaya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik menteri baru Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/12). Lima menteri pria memakai jas hitam dan Risma memilih berkebaya. (tangkapan layar youtobe setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik menteri baru Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/12).

Ada enam menteri baru yang diperkenalkan Jokowi di teras Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (22/12). Selain enam menteri, pelantikan menteri juga akan diikuti pelantikan pimpinan lembaga dan wakil menteri.

Pada pelantikan menteri hari ini, mereka yang akan disumpah jabatan adalah Tri Rismaharini(Risma) sebagai menteri sosial, SandiagaUno sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif,serta Budi Gunadi Sadikin sebagai menteri kesehatan. Kemudian ada Yaqut Cholil Qoumas sebagai menteri agama, Muhammad Luthfi sebagai menteri perdagangan, serta Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.


Beberapa pimpinan lembaga dan wakil menteri yang akan dilantik itu adalah Irjen Pol PetrusReinhardGoloseyang akan menggantikan Komjen Pol Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Letjen TNI M Herindra menjadi Wakil Menteri Pertahanan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono yang menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Dalam upacara pelantikan ini para menteri laki-laki kompak memakai jas hitam yang dilengkapi dengan kemeja putih. Mereka melengkapinya dengan dasi berwarna merah. Bisa jadi hal ini digunakan sebagai lambang merah-putih. Mereka juga memakai peci sebagai tutup kepalanya. 

Sedangkan satu-satunya menteri perempuan baru di kabinet ini, Tri Rismaharini (Risma) memakai kebaya panjang berwarna merah. Busana serba merah ini makin lengkap dengan tambahan kain batik berwarna merah dengan motif biru tipis dan juga jilbab merah. 

Semua menteri yang dilantik hari ini juga memakai masker hitam dan face shield demi protokol kesehatan. 

Sedangkan Jokowi sendiri memakai jas berwarna keabuan dengan kemeja putih dan dasi merah. 

Dresscode pelantikan ini tentunya berbeda dengan dresscode jaket biru menteri yang dipakai saat pengumuman reshuffle kemarin. 

Pada kesempatan pengumuman reshuffle kemarin, keenam menteri baru kompak menggunakan kemeja putih berbalut jaket berwarna biru. Setelan itu dipadukan dengan celana panjang berwarna hitam.

Sementara Jokowi hanya menggunakan kemeja putih dan celana hitam.

Tak lupa, keenam menteri baru itu juga melengkapi tampilannya dengan masker dan face shield sebagai bentuk taat protokol kesehatan.

Tampilan menteri kali ini agak berbeda dari sebelum-sebelumnya. Biasanya, jajaran menteri pada Kabinet Indonesia Maju kerap menggunakan kemeja putih polos pada banyak kesempatan.

Tak ada alasan khusus dalam pilihan warna jaket yang dikenakan. Warna biru dianggap menarik untuk dilihat mata.

"Warnanya,sih, keren aja, eye catching. Kapan harus tetap segar cerah, ceria, dan semangat," ujar Deputi Bidang Pers, Protokol, dan Media Bey Machmudin, Selasa (22/12).

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK