5 Teh yang Bantu Bakar Lemak, Cocok untuk Diet

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 29/12/2020 06:23 WIB
Teh tanpa pemanis umumnya tidak mengandung kalori. Beberapa jenis teh tertentu mengandung senyawa yang dapat membantu membakar lemak dalam tubuh. Ilustrasi. Beberapa jenis teh tertentu mengandung senyawa yang dapat membantu membakar lemak dalam tubuh. (Pixabay/PDPics)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lemak pada bagian perut kerap bikin kesal. Atasi lemak pada perut dengan konsumsi beberapa jenis teh yang diklaim dapat membantu menurunkan berat badan.

Khasiat teh untuk kesehatan telah dikenal secara luas. Selain membantu meredakan rasa tak nyaman di tenggorokan dan memberikan efek menenangkan, teh juga dapat membantu memperkecil lingkar pinggang Anda.

Mengganti minuman harian seperti latte atau minuman berpemanis lainnya dengan teh secara langsung dapat mengurangi asupan kalori secara signifikan.


Teh tanpa pemanis umumnya tidak mengandung kalori. Selain itu, beberapa jenis teh tertentu mengandung senyawa yang dapat membantu membakar lemak dalam tubuh.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa teh yang cocok untuk diet.

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut katekin dan epigallocatechin gallate (EGCG). Nama terakhir dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

Mengutip Prevention, para peneliti telah menemukan bahwa ekstrak teh hijau menyebabkan perubahan ekspresi gen metabolisme lemak, terutama bila dikonsumsi secara konsisten dalam jangka waktu yang lama.

2. Teh oolong

Meski teh hijau dianggap paling kuat untuk membantu program diet, namun para peneliti percaya bahwa teh oolong justru memiliki khasiat yang lebih baik dalam hal yang sama.

Teh oolong diketahui meningkatkan thermogenesis yang membuat tubuh menghasilkan panas, sehingga membakar lebih banyak kalori.

3. Teh hitam

Teh hitam merupakan jenis teh yang mengalami proses oksidasi lebih banyak dibandingkan jenis teh lainnya. Beberapa penelitian menemukan bahwa teh hitam efektif untuk mengontrol berat badan.

Mengutip Healthline, beberapa ilmuwan berteori bahwa manfaat ini didapat dari kandungan flavonoid yang dimiliki teh hitam. Sebuah studi menemukan, orang dengan asupan flavonoid yang tinggi memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah daripada mereka yang jarang mendapatkan asupan flavonoid.

4. Teh putih

Teh putih diketahui dapat membantu menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme. Mengutip NDTV, manfaat ini didapat dari kandungan katekin yang dimiliki teh putih.

Konsumsi teh putih secara teratur untuk menurunkan berat badan Anda.

5. Teh telang

Teh telang diklaim efektif membantu menurunkan berat badan. Penelitian menemukan, konsumsi teh telang secara teratur dapat meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya membantu membakar lemak lebih banyak.

Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorder juga menemukan bahwa teh telang dapat membantu mencegah obesitas.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK