Cara Menghilangkan 'Bacne' Jerawat di Punggung

tim, CNN Indonesia | Senin, 11/01/2021 14:16 WIB
Meski tak terlihat, kemunculan jerawat di punggung atau bacne tentu cukup mengganggu. Berikut cara menghilangkan jerawat di punggung. Meski tak terlihat, kemunculan jerawat di punggung tentu cukup mengganggu. (iStockphoto/energyy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meski tak terlihat, kemunculan jerawat di punggung atau bacne tentu cukup mengganggu.

Jerawat ini biasanya muncul pada orang yang rentan berjerawat di wajah. Namun, itu juga bisa muncul karena produk rambut yang jatuh ke punggung Anda, atau karena Anda tidak membersihkan punggung secara benar saat mandi.

Untungnya, jerawat punggung dapat diobati dengan perawatan kulit rutin yang sesuai untuk Anda.


Berikut sejumlah cara menghilangkan jerawat di punggung, sebagaimana dilansir Her World Online.

1. Hindari pakaian ketat

Jika ada menderita jerawat di punggung, hindari pakaian ketat untuk meminimalkan gesekan (terutama saat Anda berkeringat) yang dapat memperparahnya.

Sebagai gantinya, pilih bahan penyerap keringat yang lebih ringan dan lebih ringan seperti 100 persen katun yang akan menyerap semua keringat dan minyak yang dihasilkan di punggung.

2. Mandi setelah berolahraga

Faktanya, jerawat di punggung bisa diperparah dengan berolahraga atau lebih banyak berkeringat. Jika waktu memungkinkan, Anda harus selalu mandi sebentar setelah mengeluarkan keringat untuk menghilangkan kotoran dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori di punggung Anda.

3. Sabun khusus

Jika sabun Anda sendiri tidak berhasil menghilangkan semua kotoran dari kulit Anda, pertimbangkan untuk membeli sabun mandi dengan formulasi khusus yang diformulasikan dengan salicylic acid.

4. Ganti seprai Anda

Anda mungkin tidak mengetahuinya, tetapi seprai serta perlengkapan olahraga Anda, adalah tempat berkembang biak yang sempurna untuk bakteri penyebab jerawat.

Untuk menghindari timbulnya bacne, Anda disarankan untuk sering mengganti seprai dan menghindari memakai kembali peralatan olahraga setelah lebih dari satu sesi berkeringat di gym.

5. Gunakan produk perawatan kulit

Seperti kulit di wajah Anda, punggung Anda memiliki lebih banyak kelenjar sebaceous (penghasil minyak) daripada bagian tubuh Anda yang lain

Ini berarti punggung Anda menghasilkan lebih banyak minyak yang dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya jerawat.

Itulah mengapa Anda harus melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu dengan scrub pengelupas yang lembut untuk mengelupas sel kulit mati di punggung yang bisa menumpuk dan memperparah jerawat.

6. Konsumsi makanan sehat

Diet dengan indeks glikemik tinggi (atau berdampak tinggi pada gula darah Anda) dapat merusak bacne Anda.

Pertimbangkan untuk menghindari karbohidrat seperti roti putih dan keripik kentang yang memiliki indeks glikemik tinggi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menemukan korelasi antara makanan rendah glisemik seperti kacang-kacangan dan buah-buahan serta mengurangi peradangan dan aktivitas kelenjar sebasea (minyak), yang dapat membantu meminimalkan penyebaran jerawat.

7. Cuci rambut

Produk rambut seperti kondisioner dan sampo dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di punggung.

Saat mencuci rambut Anda, tarik semua rambut Anda ke depan dan bilas ke depan untuk menghindari meninggalkan sisa sampo dan kondisioner di punggung Anda.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK