Mengenal Ruqyah, Benarkah Bisa Membuat Wajah Glowing?

tim, CNN Indonesia | Jumat, 08/01/2021 11:04 WIB
Benarkah ruqyah dan wudhu bisa membuat wajah seseorang menjadi lebih bersinar? Ilustrasi. Ruqyah dilakukan dengan membaca ayat-ayat suci Alquran untuk meminta kesembuhan kepada Allah SWT. (iStockphoto/leolintang)
Jakarta, CNN Indonesia --

Video seorang netizen dengan akun @yennarachman di TikTok viral lantaran mengungkap perubahan wajahnya menjadi glowing atau bersinar setelah menjalani ruqyah.

Sebelum hal ini muncul, Anda tentu pernah mendengar ungkapan entah bernada canda atau serius perihal wudhu juga disebut jadi rahasia kulit bersinar.

"Cuma pakai air wudhu."


Benarkah ruqyah dan wudhu bisa membuat wajah seseorang menjadi lebih bersinar?


Dalam Islam, Ruqyah disebut digunakan sebagai metode pengobatan untuk penyakit, baik medis, non-medis, psikis hingga gangguan dari makhluk gaib dan setan.

Ruqyah dilakukan dengan membaca ayat-ayat suci Alquran untuk meminta kesembuhan kepada Allah SWT. Kesembuhan hanya akan diberikan atas izin Allah.

Ayat suci Alquran tersebut dapat menjadi obat atau dikenal dengan asy-syifa'.

"Alquran itu bisa menjadi syifa' atau obat yang menjadikan pembacanya sembuh dari sakit ataupun gangguan makhluk-makhluk ghaib," kata KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (7/1).

Alquran sebagai obat sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Isra ayat 82.

"Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian," terjemahan surat Al-Isra ayat 82.

Oleh karena itu ruqyah digunakan sebagai metode penyembuhan, bukan karena alasan yang lain.

Sedangkan untuk membuat wajah bersinar, menurut Wahyul, bisa dilakukan dengan cara memperbanyak beribadah kepada Allah dan menjadi orang yang saleh.

"Orang yang saleh, rajin ibadah, rajin wudhu dan mandi, menjaga kebersihan hati, tubuh dan lingkungannya, maka hatinya tentram dan nyaman. Dia rajin baca Alquran, zikir pada Allah SWT. InshaAllah, aura kesalehannya akan terpancar secara alami," tutur Wahyul.

Menurut Wahyul, orang yang saleh baik laki-laki atau perempuan yang taat beribadah kepada Allah akan tampak keteduhan, kecerahan, ketenangan, dan kebahagiaan pada wajah mereka.

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK