Cara dan Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 10/01/2021 14:00 WIB
Saat jerawat menghilang, bekas jerawat muncul sebagai masalah baru. Beberapa bahan dan cara alami dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Ilustrasi. Saat jerawat menghilang, bekas jerawat muncul sebagai masalah baru. (iStockphoto/Boyloso)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat jerawat telah hilang, bekas jerawat muncul sebagai masalah baru. Ada beberapa cara yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat.

American Academy of Dermatology (AAD) sendiri menyebut bekas jerawat sebagai bagian dari proses penyembuhan. Setelah jerawat dibersihkan, kulit mencoba memperbaiki kerusakan yang disebabkan olehnya.

Kerusakan ini diperbaiki dengan memproduksi kolagen yang dapat menyembuhkan kulit. Kolagen yang terlalu sedikit dapat meninggalkan bekas luka berbentuk cekung atau seperti pada bekas jerawat.


AAD sendiri menyarankan prosedur pembedahan kecil dan pelapisan ulang dengan metode laser untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun, di luar itu, Anda bisa mencari beberapa perawatan alami.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa bahan dan cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat.

1. Minyak habbatussauda

Minyak jintan hitam yang berasal dari kawasan Eropa Timur, Asia Barat, dan Timur Tengah ini diklaim dapat membantu mengatasi bekas jerawat.

Selain memiliki sifat antibakteri dan antivirus, minyak ini juga bersifat antiinflamasi. Mengutip Healthline, penelitian menemukan bahwa minyak habbatussauda mampu mempercepat meningkatkan penyembuhan luka.

Ilustrasi Lidah BuayaIlustrasi. Mengoleskan lidah buaya pada kulit bisa jadi salah satu cara alami menghilangkan bekas jerawat. (sarangib/Pixabay)

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah obat rumahan yang umum digunakan banyak orang. Dalam hal jerawat, lidah buaya membantu proses penyembuhan.

Sebuah penelitian menemukan, mengoleskan lidah buaya langsung ke bekas lupa dapat mempercepat penyembuhan.

3. Madu

Madu telah lama digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan. Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk pada kulit, dan mengurangi potensi terbentuknya jaringan parut.

Mengutip laman The Green Kiss, para peneliti menemukan, mengoleskan madu secara langsung dapat membantu membersihkan luka karena sifat antibakteri yang dimilikinya. Madu juga disebut mampu melawan infeksi yang bisa menyebabkan lebih banyak jerawat bermunculan.

4. Vitamin C

Bahan apa pun yang termasuk vitamin C, termasuk lemon, diklaim dapat membantu mengatasi bekas jerawat lewat produksi kolagen.

Vitamin C tak hanya membantu produksi kolagen dan pembentukan sel-sel kulit baru, tapi juga dapat membantu mengangkat warna gelap dan kemerahan di kulit akibat jerawat.

Selain daftar di atas, mengutip Medical News Today, Anda juga bisa menjadikan beberapa bahan alami seperti minyak kelapa dan shea butter untuk membantu menghilangkan bekas jerawat.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK