5 Camilan Malam yang Bantu Tidur Nyenyak

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 09/01/2021 11:45 WIB
Rasa lapar kerap bikin Anda terbangun di tengah malam. Konsumsi beberapa camilan malam berikut agar terhindar dari rasa lapar saat tertidur. Ilustrasi. Beberapa camilan malam dapat membuat tidur lebih nyenyak. (Pezibear/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apakah Anda sering terbangun tengah malam dan mendadak lapar? Jika iya, konsumsi beberapa pilihan camilan malam yang bisa membantu tidur lebih nyenyak lewat rasa kenyang yang diberikan.

Rasa lapar yang muncul saat larut malam bisa mengganggu tidur. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi camilan malam yang bisa menimbulkan rasa kenyang dan menahan lapar hingga keesokan harinya.

Beberapa hal yang perlu dicatat, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk malam hari. Anda perlu menghindari cokelat atau makanan dan minuman lain yang mengandung kafein, gula tambahan, alkohol, serta terlalu banyak cairan.


Selain itu, orang dengan GERD juga disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas dan apa pun yang mengandung peppermint. Orang dengan GERD juga disarankan untuk tidak mengonsumsi apa-apa dua jam sebelum tidur.

Secara umum, karbohidrat adalah pilihan cerdas untuk camilan malam. Karbohidrat memicu pelepasan neurotransmitter serotonin di otak. Serotonin membantu menimbulkan perasaan rileks dan membuat Anda mudah tertidur.

Namun, Anda disarankan untuk memilih camilan berbasis karbohidrat dengan sedikit atau tanpa gula tambahan untuk menghindari lonjakan gula darah sebelum tidur.

Magnesium juga menjadi salah satu mineral yang membantu proses tidur. Makanan kaya magnesium di antaranya kacang-kacangan, alpukat, dan roti gandum.

Ilustrasi TidurIlustrasi. Beberapa camilan dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. (iStock/Vera_Petrunina)

Berikut camilan malam berbasis karbohidrat yang bisa membantu menahan lapar hingga keesokan hari, melansir Today.

1. Kacang-kacangan

Campuran popcorn, kacang-kacangan, dan buah kering bisa jadi camilan yang cocok dikonsumsi malam hari. Karbohidrat dalam popcorn akan membantu Anda untuk rileks. Magnesium dalam kacang almond bisa menimbulkan perasaan tenang.

2. Oatmeal

Meski jadi menu sarapan favorit, tak ada salahnya jika Anda mengonsumsi oatmeal di malam hari.

Oatmeal menyediakan banyak karbohidrat dan serat yang bisa membuat Anda kenyang. Padukan oatmeal dengan pisang untuk tambahan nutrisi.

3. Roti panggang alpukat

Camilan trendi ini disebut sempurna untuk malam hari. Alpukat yang kaya akan magnesium bisa jadi kombinasi sempurna jika dipadukan dengan roti gandum yang dipanggang sebagai sumber relaksasi lainnya.

4. Sereal gandum utuh

Tak cuma sebagai sarapan pagi yang lezat, sereal juga bisa jadi salah satu camilan malam yang sehat.

Cari-lah sereal yang dibuat dengan biji-bijian seperti gandum utuh dan rendah gula tambahan. Tuang ke dalam mangkuk, tambahkan susu, dan taruh kacang kenari di atasnya sebagai tambahan magnesium.

5. Smoothie

Smoothie juga bisa membuat Anda bersantai di malam hari. Coba lah smoothie yang diracik dengan menggunakan kefir yang sarat probiotik dan dapat memicu pelepasan serotonin. Masukkan juga biji rami yang mengandung magnesium, serta buah beri dengan kandungan vitamin C yang dapat mengurangi hormon stres.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK