5 Cara Mudah Menyiapkan Makan Malam dengan Cepat

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 09/01/2021 14:45 WIB
Menyiapkan menu makan harian untuk keluarga terkadang bikin pusing. Terapkan cara mudah menyiapkan makan dengan cepat berikut ini. Ilustrasi. Beberapa cara bisa dilakukan agar menyiapkan makan malam jadi lebih cepat. (Unsplash/Todd Quackenbush)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menyiapkan makan malam untuk keluarga terkadang bikin pusing. Namun, Anda bisa menerapkan sejumlah cara mudah menyiapkan makan malam dengan cepat berikut ini.

Kunci menyiapkan makan malam dengan cepat terletak pada perencanaan yang baik. Perencanaan akan membuat Anda lebih gesit saat beraktivitas di dapur. Hasilnya pun, makan akan jadi lebih nikmat.

Berikut 5 cara mudah menyiapkan makan malam dengan cepat, mengutip The Kitchn.


1. Siapkan menu makanan setiap minggu

Memikirkan menu makanan harian kerap bikin pusing. Oleh karena itu, lakukan perencanaan menu makanan setiap minggu. Cara ini membuat Anda tak perlu lagi repot memikirkan menu makanan setiap hari.

Membuat menu makanan mingguan juga dapat mencegah Anda dari pilihan menu yang monoton atau itu-itu saja.Pilih menu makanan yang bervariasi dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Tanyakan pada anggota keluarga lain mengenai menu makanan yang diinginkan. Anda juga bisa mencari referensi menu makanan dari media sosial atau internet.

2. Beli bahan makanan sekaligus

Setelah menyiapkan menu makanan, buat daftar bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan tersebut. Beli bahan makanan tersebut secara mingguan. Bahan makanan segar dapat dibeli harian.

3. Simpan bahan makanan dengan tepat

Setelah membeli bahan makanan, lakukan persiapan sederhana seperti membersihkan, mengupas kulit, memotong, dan mengelompokkan makanan per hari atau sesuai dengan kategori.

Simpan bahan makanan dengan baik di kulkas agar dapat tahan lama. Manfaatkan freezer agar makanan dapat tahan lebih lama. Cara ini akan memudahkan Anda mengambil makanan saat hendak memasak.

4. Cara memasak yang mudah

Pilih menu makanan yang tidak melibatkan proses yang memasak yang rumit. Gunakan cara memasak seperti merebus dan menumis. Manfaatkan pula oven atau microwave agar proses memasak lebih cepat

5. Lakukan bersamaan

Makan malam sering kali tak cukup hanya dengan satu menu saji. Latih diri Anda untuk bisa multitasking agar bisa memasak sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Cara ini akan banyak menghemat waktu.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK