Keluarga Inggris Buang Rp51 Juta Karna Salah Simpan Makanan

CNN Indonesia | Senin, 11/01/2021 15:19 WIB
Sudahkah Anda menyimpan bahan makanan dengan benar? Studi terbaru menunjukkan kesalahan dalam menyimpan makanan membuat banyak makanan terbuang sia-sia. Sudahkah Anda menyimpan bahan makanan dengan benar? Studi terbaru menunjukkan kesalahan dalam menyimpan makanan membuat banyak makanan terbuang sia-sia. (istockphoto/fcafotodigital)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sudahkah Anda menyimpan bahan makanan dengan benar? Studi terbaru menunjukkan kesalahan dalam menyimpan makanan membuat banyak makanan terbuang sia-sia.

Data terbaru dari Samsung menunjukkan rata-rata setiap keluarga atau rumah tangga di Inggris membuang senilai 2.675 poundsterling atau hampir Rp51 juta setiap tahunnya. Jumlah ini setara dengan 42 persen dari seluruh makanan yang dibeli.

Limbah makanan yang terbuang percuma ini sebagian besar karena salah dalam menyimpan makanan. Banyak orang menyimpan buah apel, pir, dan jeruk di atas meja, bukan di dalam kulkas.



Alasan lain banyak makanan yang terbuang adalah karena lupa bahan tersebut sudah ada di kulkas, tidak mengecek tanggal kedaluwarsa, dan tidak merencanakan makanan sebelum berbelanja.Bumbu lain seperti saus tomat juga banyak terbuang karena tak disimpan di dalam kulkas setelah dibuka.

Agar makanan tahan lama, Samsung menyarankan agar wortel, telur, plum, bawang putih, pir, apel, dan jeruk semua harus disimpan di dalam kulkas. Sementara bawang bombai harus dibiarkan di luar lemari es.

Alpukat, persik, dan melon harus disimpan di luar lemari es sebelum matang, tetapi masukkan ke dalam kulkas setelah matang agar lebih tahan lama.

Dikutip dari Metro berikut 10 makanan yang paling banyak terbuang.
1. Herbal Segar 52 persen
2. Makanan Siap Pakai 46 persen
3. Saus/bumbu 45 persen
4. Makanan penutup 42 persen
5. Bahan makanan kering 42 persen
6. Permen/cokelat 41 persen
7. Roti 41 persen
8. Buah 41 persen
9. Sayuran 40 persen
10. Produk susu 28 persen

Bagaimana dengan Anda di rumah? 

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK