5 Hal Terlarang saat Ingin Program Hamil

tim, CNN Indonesia | Jumat, 15/01/2021 06:45 WIB
Selain menjaga kesehatan, terdapat sejumlah hal yang tak boleh dilakukan jika ingin hamil dalam waktu dekat. Selain menjaga kesehatan terdapat sejumlah hal yang tak boleh dilakukan jika ingin hamil dalam waktu dekat. (Istockphoto/ Pekic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mempersiapkan kehamilan penting untuk kesehatan ibu dan anak. Selain menjaga kesehatan terdapat sejumlah hal yang tak boleh dilakukan jika ingin hamil dalam waktu dekat.

Melakukan hal-hal berikut ini dapat memperkecil peluang kehamilan Anda. Selain itu, kehamilan dapat berisiko tinggi baik bagi ibu maupun janin.

Berikut hal yang tak boleh dilakukan jika ingin hamil:


1. Berat badan naik atau turun

Kenaikan atau penurunan berat badan dalam jumlah banyak dapat menurunkan peluang kehamilan. Kondisi ini dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur. Selain itu, perubahan berat badan dapat juga membuat ketidakseimbangan hormon kesuburan.

2. Olahraga berlebihan

Olahraga yang terlalu diforsir juga mempengaruhi kesuburan. Dikutip dari situs kesehatan Web Md, olahraga berat dapat menyebabkan perubahan hormon sehingga membuat ovarium sulit membuat dan melepaskan sel telur.

3. Konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol dikaitkan dengan penurunan kesuburan. Selain itu, mengonsumsi alkohol juga dapat mengganggu pertumbuhan otak bayi di awal kehamilan.

Pada pria, konsumsi alkohol juga menurunkan kadar hormon seks testosteron dan menyebabkan disfungsi ereksi. Alhasil, jumlah dan kualitas sperma menurun sehingga peluang pasangan untuk hamil juga berkurang.

4. Merokok

Merokok dapat menurunkan peluang untuk hamil karena merusak ovarium dan menghasilkan lebih sedikit sel telur. Merokok menyebabkan perubahan pada saluran tuba dan serviks yang dapat menyebabkan keguguran.

5. Terlalu banyak kafein

Terlalu banyak mengonsumsi kafein baik dari kopi atau minuman berenergi dapat menurunkan risiko kehamilan. Kurangi asupan kafein jika ingin hamil lebih mudah

Oleh karena itu hindari melakukan hal-hal yang dapat menurunkan peluang kehamilan. Sebaiknya, lakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan menjaga kesehatan tubuh agar dapat meningkatkan kesuburan.

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK