Cara Mempersiapkan Diri Sebelum Disuntik Vaksin

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 10:16 WIB
Program vaksinasi Covid-19 tahap II telah dimulai. Berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri sebelum vaksinasi. Ilustrasi. Sejumlah persiapan bisa dilakukan sebelum melakukan vaksinasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Program vaksinasi Covid-19 tahap dua telah dimulai sejak Rabu (17/2) kemarin. Vaksinasi tahap dua menargetkan beberapa kelompok prioritas yang mendapatkan suntikan vaksin Sinovac. 

Berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri sebelum disuntik vaksin.

Cara mempersiapkan diri sebelum disuntik vaksin.

1. Catat jadwal vaksin

Catat jadwal pelaksanaan vaksin berupa tanggal dan waktu untuk vaksin Covid-19. Anda bisa melihat jadwal vaksin dalam situs yang sudah disediakan. Luangkan waktu Anda pada jadwal tersebut.


2. Periksa lokasi

Periksa lokasi rujukan tempat pelaksanaan vaksin. Pahami cara menuju ke lokasi tersebut agar tak salah saat penyuntikan vaksin.

3. Jaga kondisi

Jaga kondisi tubuh tetap sehat dengan tekanan darah terkontrol. Kondisi tertentu seperti demam dan tekanan darah yang tinggi membuat Anda tak bisa melakukan vaksinasi.

Cara mempersiapkan diri saat disuntik vaksin

1. Datang lebih awal

Datang lebih awal ke tempat vaksinasi agar Anda punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri.

2. Ikuti setiap proses

Di tempat vaksinasi, petugas kesehatan akan memeriksa kondisi serta menanyakan beberapa hal kepada penerima vaksin. Oleh karena itu, ikuti setiap proses agar vaksinasi berjalan lancar.

3. Duduk tegak

Saat akan dilakukan penyuntikan, duduk-lah dengan tegak dan tenang.

4. Rilekskan lengan

Rilekskan seluruh anggota tubuh terutama lengan yang akan menerima vaksin.

5. Tenangkan diri

Tarik napas panjang dan tenangkan diri saat mendapatkan suntikan vaksin. Proses ini hanya akan berlangsung dalam beberapa detik saja.

Yang harus dilakukan setelah disuntik vaksin

1. Tunggu 30 menit

Setiap penerima vaksin diminta untuk menunggu sekitar 30 menit untuk melihat reaksi KIPI atau kejadian ikutan pasca-imunisasi. Reaksi berat umumnya jarang terjadi.

2. Efek samping

Efek samping vaksin Covid-19 Sinovac bersifat ringan hingga sedang. Efek samping berupa nyeri di area vaksinasi, pembengkakan, demam, sakit kepala, hingga diare. Efek samping ini akan hilang dalam beberapa hari.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK