Bikin Penasaran, Satu Pantai di Mandalika Punya Dua Pasir

CNN Indonesia | Senin, 18/01/2021 15:50 WIB
Pantai Tanjung Aan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, punya keunikan berupa dua jenis pasir dalam satu area. Pemandangan Pantai Tanjung Aan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. (iStockphoto/Christopher Moswitzer)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak orang mengenal Lombok, namun belum banyak yang mengenal Mandalika, salah kawasan wisata di Nusa Tenggara Barat yang sedang bersiap menjadi lokasi ajang MotoGP pada tahun ini.

Mandalika yang memiliki luas 1.035 hektare dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus oleh pemerintah Indonesia. Pengelolaannya kini dilakukan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC, yang juga mengelola kawasan Nusa Dua di Bali.

Jika selama ini Lombok dikenal dengan Pantai Senggigi, maka bisa dibilang Pantai Tanjung Aan merupakan objek wisata baru.


Pemandangannya sudah pasti indah, namun pantai ini juga memiliki keunikannya sendiri.

Pantai di selatan Lombok ini memiliki keunikan berupa perbedaan pasir antara bagian kanan dan kirinya yang dipisahkan oleh bukit batu kecil.

Pantai Tanjung Aan di sebelah kanan memiliki pasir putih halus bak bedak bayi, dan Pantai Tanjung Aan di sebelah kiri memiliki pasir coklat muda berbentuk bulat kecil bak merica.

Medan area pantai yang berpasir putih terbilang landai, meski di bagian tengah perairannya banyak ditemukan bebatuan karang.

Hingga saat ini belum ada studi ilmiah yang menjelaskan mengapa Pantai Tanjung Aan bisa memiliki dua pasir yang berbeda.

Pantai Tanjung Aan, salah satu pantai di Kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pantai Tanjung Aan memiliki daya tarik dengan air lautnya yang biru nan kehijauan dan pasir putih yang lembut. Di sekitar Pantai Tanjung Aan ada Bukit Merese yang juga menjadi pilihan wisatawan. Biasanya mereka befoto ria dari atas bukit. Wisatawan asing banyak yang datang mengunjungi 'surga' baru di Pulau Lombok itu. Mereka menghabiskan waktunya untuk berjemur hingga berselancar. Pantai Tanjung Aan yang dikelilingi bukit hingga membentuk sebuah teluk mebuat pantai tersebut seperti kolam renang raksasa. Ombak di pantai tersebut juga tidak besar.Pantai Tanjung Aan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

Sebelum pandemi virus Corona melanda dunia, cukup banyak saja turis domestik dan mancanegara yang mendatangi pantai ini.

Dari pusat kota Mataram, Pantai Tanjung Aan berjarak sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Turis yang datang biasanya melakukan kegiatan berjemur, berenang di pinggiran, surfing, sampai kite-surfing.

Turis juga bisa naik ke atas bukit batu kecil di Pantai Tanjung Aan untuk menikmati pemandangan pesisir Lombok.

Kalau ingin mengisi perut setelah seharian bermain air, di sekitar Pantai Tanjung Aan sudah ada beberapa restoran dan warung makan sederhana.

(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK