Rekomendasi Tanaman Hias Bunga yang Hidup di Air

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 14:33 WIB
Berikut 5 tanaman hias bunga yang hidup di air yang bisa diletakkan di vas kaca maupun sebagai hiasan kolam minimalis rumah Anda. Berikut 5 tanaman hias bunga yang hidup di air dengan bunga menawan yang bisa diletakkan di vas kaca maupun sebagai hiasan kolam minimalis rumah Anda. (Foto: iStockphoto/Blair_witch)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menanam dengan media tanah memang sudah biasa, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba jenis baru yaitu tanaman hias yang hidup di air.

Varietas tumbuhan air bukan hanya eceng gondok atau kiambang. Namun ada juga yang menghasilkan bunga cantik beraroma wangi, dan cocok untuk hiasan indoor maupun outdoor.

Untuk perawatan dari tanaman air tidaklah rumit. Selain itu mendapatkan bibitnya terbilang mudah karena sudah banyak dijual, bahkan jika beruntung bisa ditemui cuma-cuma di alam liar.


Berikut 5 tanaman hias bunga yang hidup di air yang bisa menjadi hiasan rumah Anda.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

1. Seroja

Ilustrasi bunga lotusFoto: kazu end via Unsplash
Bunga lotus atau seroja adalah tanaman hias bunga yang hidup di air dengan tinggi sekitar 1 meter

Seroja atau bunga lotus merupakan spesies tumbuhan air yang berasal dari genus Nelumbo nucifera asal India.

Bunga seroja ini mudah dijumpai di kolam taman, rawa-rawa, sungai, taman kolam rumah atau biasanya ditempatkan dalam vas transparan.

Tidak hanya subur di air, tanaman lotus dapat tumbuh dengan baik menggunakan media tanah berair seperti lumpur ketika dalam pot.

Tinggi tanaman seroja kurang lebih satu hingga satu setengah meter, dengan daun yang tumbuh di atas permukaan air serta bunga berdiameter 20 cm.

Kembang seroja identik berwarna putih dengan corak merah muda serta kuning. Selain elok dipandang, rimpang seroja banyak dimanfaatkan untuk masakan India, Jepang, dan Tionghoa.

Akan tetapi, umbi seroja ini kurang baik bila dikonsumsi secara mentah karena mengandung parasit trematoda yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

2. Teratai

[Gambas:Instagram]

Tanaman hias yang hidup di air berikutnya adalah teratai, keturunan genus Nymphaea alba. Bunga teratai memiliki 500 spesies yang tersebar luas di wilayah tropis hingga subtropis.

Sejarah bunga teratai dan seroja hampir sama karena kedua spesies ini banyak tumbuh di tepian sungai Nil di Mesir.

Di sejumlah taman, teratai banyak ditanam karena menghasilkan bunga yang indah dengan warna putih bersih. Tapi, teratai juga dapat berbunga merah pekat atau merah muda.

Ukuran bunga teratai mekar berdiameter 5-10 cm. Bagian bunganya memiliki lapisan lilin, sehingga air yang membasahi permukaan teratai akan membentuk bulir.

Tidak hanya dapat tumbuh mekar dalam air, teratai memungkinkan bila ditanam dengan tanah berlumpur dalam pot. Uniknya bunga yang nanti dihasilkan berpotensi lebih cerah.

Melalui sejumlah penelitian, akar teratai memiliki kandungan gizi dan menyehatkan jantung. Anda dapat merebus rimpang tersebut selama 10-15 menit sebelum mengonsumsinya.

3. Calla Lily

calla lilies near mirror on a dresserFoto: iStockphoto/Blair_witch
Bunga calla lily adalah tanaman hias bunga yang hidup di air dengan beragam warna menawan

Kemudian ada tanaman hias bunga calla lily yang berakar dari Afrika Tengah serta Asia Selatan, dengan ciri khas berbentuk corong ke atas.

Bunga calla lily termasuk dalam kelompok tumbuhan air Zantedeschia aethiopica yang tidak berkelopak, memiliki putik di bagian tengah.

Tampilan calla lily ini cukup mencolok dan menawan karena berwarna putih. Tapi ada juga warna lain seperti ungu, hijau, oranye, merah.

Tanaman air lily lebih suka tumbuh pada permukaan air yang terbuka seperti kolam. Selain dapat tumbuh tinggi, mereka juga senang bila terkena sinar matahari.

Namun ada juga yang menanam calla lily dalam vas bunga bening untuk hiasan. Tidak hanya mempercantik ruangan, kelebihannya dapat menyebarkan aroma wangi nan lembut.

Cara menanam calla tanpa media air memang boleh saja, asalkan berupa tanah becek atau lumpur dengan campuran pupuk organik perbandingan 2:1.

4. Water Canna

[Gambas:Instagram]

Water canna menjadi salah satu tanaman yang paling disenangi kupu-kupu. Tak heran jika serangga bersayap itu sering menghampiri kebun yang ditanami banyak water canna.

Di alam liar water canna biasa tumbuh pada lahan basah seperti kolam dan rawa-rawa. Namun ada juga yang menanamnya dengan pot hias air hingga botol kaca.

Memiliki nama lain Thalia dealbata, water canna termasuk tanaman air dari famili marantaceae asal Amerika Serikat bagian Tengah dan Selatan.

Tanaman perdu perennial tropis ini dapat tumbuh hingga 180 cm di tempat yang lembap, intensitas cahaya sedang, air yang cukup, serta toleran pada kandungan garam tinggi.

Warna bunga water canna adalah ungu dengan kelopak yang tipis. Daunnya cukup tebal dan berukuran lebar.

Mengurus water canna sangat mudah. Tempatkan pada pot kaca berisi air dengan kedalaman 30 cm, atau di kolam terbuka. Sesekali biarkan terkena matahari penuh hingga teduh parsial.

5. Melati Air

Mexican sword plant and flowers(Echinodorus palifolius) also known as Melati air.Foto: iStockphoto/razihusin
Mexican sword plant atau melati air adalah tanaman hias bunga yang hidup di air yang bermanfaat menyerap racun di udara.

Melati air atau Echinodorus palaefolius merupakan jenis tanaman hias bunga air yang dapat menyegarkan karena dapat menyerap racun udara.

Masuk dalam kelompok alismataceae asal Brazil dan Peru, tanaman melati air sering berbunga tanpa mengenal musim.

Ciri dari bunga melati air berwarna putih dengan tiga kelopak namun berdaun kaku. Biasanya melati akan mekar pada pagi hari dan menguncup kembali di waktu sore.

Pada dasarnya melati air sangat mudah ditanam terutama pada permukaan berair seperti kolam fiberglass atau kolam tanah seperti di taman terbuka, juga pot besar.

Teruntuk melati air dalam kolam taman, Anda bisa menggunakan lumpur atau tanah sawah untuk menanam bibitnya. Kemudian tinggal beri air dengan jumlah tinggi.

Sedangkan dalam pot, tanah lumpur harus diberi pupuk kendang secukupnya. Supaya berbunga, tanaman hias bunga yang hidup di air seperti melati ini jangan dibiarkan tenggelam.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK