Cara Agar Stres Tak Rusak Kehidupan Seksual

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 27/01/2021 23:12 WIB
Jangan menyalahkan diri sendiri saat stres. Beberapa cara bisa dilakukan agar stres tak sampai merusak kehidupan seksual Anda. Ilustrasi. Beberapa cara bisa dilakukan agar stres tak sampai merusak kehidupan seksual Anda. (iStockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Stres jadi sesuatu yang tidak dapat dihindari. Tak pelak, stres bisa mengganggu kehidupan seks Anda.

Banyak hal bisa jadi stressor termasuk situasi pandemi, pekerjaan, juga mengurus anak. Mia Sabat, terapis seks, mengatakan kondisi penuh tekanan bisa menimbulkan rasa lelah, kewalahan, terganggu bahkan putus asa.

"Hal ini dapat berdampak pada kondisi fisik, psikologis, dan emosional kita," kata Sabat, mengutip Well and Good.


Stres, lanjutnya, sering mengakibatkan perubahan pada karakter, suasana hati, emosi, makin tegang, sehingga keintiman makin sulit dicapai.

Sabat mengingatkan untuk tidak menyalahkan diri sendiri saat menghadapi stres. Ada beberapa cara agar stres tidak sampai merusak kehidupan seks Anda.

1. Investasi waktu untuk sedikit bersenang-senang

"Kesenangan sehari-hari dan kekuatannya tidak boleh diremehkan. Mulai-lah dari yang kecil dengan berfokus pada aktivitas sederhana yang memberi Anda ketenangan pikiran," kata Sabat.

Kesenangan tidak harus memerlukan biaya besar dan upaya keras. Anda bisa makan makanan favorit, memesan segelas kopi susu langganan, menghabiskan waktu di halaman belakang rumah sembari mendengarkan musik, atau menyanyi di kamar mandi.

Saat Anda secara aktif menyisipkan kegembiraan dalam aktivitas sehari-hari, perlahan tubuh menghentikan proses kimiawi stres, digantikan dengan proses produksi endorfin. Olahraga sebentar pun bisa memberikan perubahan besar.

2. Masturbasi

Sabat berkata, kesenangan itu menular. Sekali Anda merasakan sedikit di antaranya, maka Anda ingin lebih terhubung dengan sumber kesenangan itu, salah satunya dengan masturbasi.

"Coba mulai terhubung dengan 'self-pleasure', raih cerita-cerita erotis yang membangkitkan dan biarkan imajinasi tumbuh bebas. Ingat, kesenangan membantu menumbuhkan hasrat untuk kesenangan lainnya. Semakin terikat, semakin kita menyadari kesenangan dalam kehidupan sehari-hari, dan lebih nyaman dan semangat kita berinteraksi," jelasnya.

3. Sadari stres dan pelajari penyebabnya

Sebagian orang bisa merasakan stres kapan pun. Stres bisa muncul saat makan, menonton televisi, atau bahkan saat membuka ponsel. Sabat mengajak Anda untuk menyadari stres dan melakukan beberapa langkah untuk menghadapinya.

"Saat Anda sadar merasa stres, ambil waktu untuk bertanya pada diri sendiri: Apa yang membuat saya stres? Bagaimana agar saya bisa menurunkan tingkat stres? Adakah sesuatu yang bisa saya lakukan untuk melawan tingkat stres saat ini? Mencari sumber stres akan membantu Anda untuk tidak kewalahan," katanya.

4. Jujur dengan pasangan

Dalam situasi diliputi stres, Anda tidak perlu pasang 'topeng' dan berharap pasangan berpikir semua baik-baik saja. Justru saat Anda jujur, Anda mencoba untuk memupuk keintiman dengan mengungkapkan apa yang Anda rasakan.

"Cari tahu apakah ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres dan menghidupkan kembali keinginan Anda melalui teknik, posisi, fantasi, atau sex toys baru. Bahkan aktivitas seperti mencium atau memeluk pasangan Anda akan membantu Anda mengurangi tingkat stres dan mengurangi efek negatif stres pada kehidupan seks Anda," jelas Sabat.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK