5 'Obat Alami' untuk Atasi Sakit

tim, CNN Indonesia | Minggu, 24/01/2021 16:15 WIB
Sakit kepala bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Hanya saja jangan buru-buru langsung minum obat warung sembarangan. Sakit kepala bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Hanya saja jangan buru-buru langsung minum obat warung sembarangan. ( iStockphoto/fizkes)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sakit kepala bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Hanya saja jangan buru-buru langsung minum obat warung sembarangan.

Dibanding minum berbagai obat sembarangan, ada obat alami sakit kepala yang bisa dipakai untuk meringankan dan mengobati sakit yang dialami.

Berikut beberapa obat alami sakit kepala yang ada di rumah.


1. Jahe

Jahe dikenal sebagai obat alami untuk meningkatkan imunitas. Jahe biasanya diolah menjadi jamu atau minuman dengan tambahan bumbu lainnya.

Untuk menghilangkan sakit kepala, jahe juga bisa dipakai sebagai aromaterapi. Caranya, dengan memukul-mukul ujung jahe, seratnya akan terurai dan berbentuk seperti kuas. Lalu celupkan ke dalam minyak wangi kolonye dan usapkan pada urat-urat leher.

2. Kangkung

Dikutip dari buku Petunjuk dan Saran Pengobatan Tradisional Tanaman Berkhasiat Indonesia dari J. Kloppenburgh-Versteegh, kangkung bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala karena masalah syaraf. Anda bisa menyantap kankung sebagai sayur atau pun sebagai minuman.

Caranya, tumbuk segenggam kangkung dengan sedikit air, saring lalu minum cairan tersebut.

3. Jinten

Jinten biasanya digunakan sebagai bumbu masak. Namun jinten juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala.

Caranya dengan mencampur daun legundi yang ditumbuk dengan daun jinten.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga dikenal bisa mengatasi sakit kepala. Dua lembar daun encok yang sedikit dibasahi dengan minyak kelapa dilayukan di atas api.
Di belakang setiap telinga ditaruh satu lebar daun dan sakit kepala akan hilang. Obat ini hanya boleh dipakai selama beberapa menit saja karena akan menyebabkan kulit melepuh.

5. Daun kelor

Gosoklah leher belakang setiap telinga dengan bubur yang terbuat dari akar kelor untuk mengobati sakit kepala. Hanya saja ini juga tidak boleh dilakukan terlalu lama karena berisiko menimbulkan masalah kulit melepuh.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK